Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Nov 2019 09:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

10 Tempat Wisata di Brunei Darussalam Terfavorit dan Indah

Niken Widya Yunita
detikTravel
10 Tempat Wisata di Brunei Darussalam Terfavorit dan Indah/Foto: (Kamilah Nurbaeti/d'Traveler)
Jakarta - Sebagai salah satu negara yang kaya di dunia, Brunei Darussalam memiliki sejumlah tempat wisata menarik. Apa saja tempat wisata di Brunei Darussalam yang bisa dikunjungi?

Brunei Darussalam terletak di Pantai Utara Pulau Kalimantan. Karena relatif berdekatan dengan Indonesia, tidak ada salahnya menjajal jalan-jalan ke Brunei Darussalam.

Berikut tempat wisata di Brunei Darussalam:



1. Istana Nurul Iman

Istana Nurul Iman merupakan kediaman resmi Sultan Haji Hassanal Bolkiah sekaligus berfungsi sebagai Istana Negara. Istana ini dibangun di lahan seluas sekitar 200.000 m2 dan berdiri sejak tahun 1984.

Lokasi Istana Nurul Iman yakni di Bukit Lumadin, Jalan Tutong di tepi Sungai Brunei. Istana ini memiliki gaya arsitektur Islam-Melayu klasik.

Istana ini hanya dibuka sekali dalam setahun, yaitu saat Hari Raya Idul Fitri selama 3 hari. Namun kamu masih bisa menikmati kemegahan istana dari luar pagar. Jangan lupa untuk berfoto bersama atau berselfie ria ya.

2. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah landmark Brunei. Lokasinya di Bandar Sri Bengawan dan di tepi Sungai Brunei di Kampong Ayer. Ciri khas masjid ini adalah kubahnya yang terbuat dari emas murni.

Saat malam kamu bisa menikmati kemegahan dan keindahan masjid. Masjid akan diterangi lampu LED berwarna-warni. Pantas saja tempat ini terfavorit di Brunei Darussalam.

3. Masjid Jame'Asr Hassanil Bolkiah

Selain Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Masjid Jame'Asr Hassanil Bolkiah merupakan salah satu ikon di Brunei Darussalam. Kubah dan pagar masjid ini dilapisi oleh emas. Di bagian dalam masjid terdapat lampu gantung dari kristal yang juga dilapisi emas pada sisi luarnya.

Masjid juga dilengkapi dengan taman hijau dan kolam yang cantik. Masjid Jame'Asr Hassanil Bolkiah dikenal dengan nama masjid Kiarong. Karena lokasinya di Kampung Kiarong.

Di sini, pengunjung dilarang mengambil foto di dalam masjid namun boleh dari luar. Wisatawan dilarang berkunjung pada jam beribadah, kecuali ingin salat. Untuk wisatawan non-muslim akan diminta mengenakan pakaian muslimah jika ingin masuk ke dalam.

4. Kampong Ayer

Kampong Ayer didirikan di atas air dan dianggap sebagai kebanggaan masyarakat Brunei. Di sini kental budaya serta asal-usul leluhur.

Di sini terlihat seperti perkampungan biasa. Arsitektur bangunannya masih tradisional namun perabotannya sudah modern dan dilengkapi dengan modem, kabel TV, dan AC.


5. Ulu Temburong National Park

Ulu Temburong National Park merupakan tempat wisata di Brunei Darussalam yang cocok untuk kamu yang berjiwa petualang. Di tempat yang disebut taman nasional ini ada beberapa air terjun yang indah dan aneka flora dan fauna.

Kamu juga bisa berakivitas seperti rafting, camping, hingga night jungle walk. Saran untuk wisatawan yang datang ke sini, yakni datang saat musim panas. Sebab pengunjung harus menaiki kapal setempat untuk mencapai lokasi ini karena letaknya yang terpisah dari daratan Brunei. Kamu juga bisa naik ke atas jembatan untuk melihat keindahan hutan hijau dari atas. Jangan lupa untuk mengambil foto di sini ya.

6. Safari Sungai Brunei

Safari Sungai Brunei merupakan wisata alam di Brunei Darussalam. Di sini kamu dapat menjelajahi ekosistem sungai dengan perahu pada siang maupun malam hari. Pemandangan di sungai ini yakni ekosistem bakau serta berbagai fauna.

Kamu juga bisa menyewa kapal pesiar untuk mengelilingi Sungai Brunei. Brunei River Cruise tersedia setiap minggu.


7. One Billionth Barrel Monument

One Billionth Barrel Monument adalah monumen yang dibangun pada tahun 1991. Monumen dibangun untuk memperingati satu miliar tong minyak yang telah diproduksi di ladang minyak lepas pantai Seria.

Monumen ini berlokasi di dekat sumur pertama yang ditemukan di Seria Oil Field. Disarankan untuk datang ke tempat ini sore hari agar dapat melihat keindahan matahari terbenam di Laut Cina Selatan.

8. Gadong Night Market

Gadong Night Market atau Pasar Gadong adalah tempat belanja dan kuliner terkenal di Brunei. Kamu bisa menemukan berbagai jajanan dan makanan lokal yang enak, seperti nasi katok, mie goreng Brunei, salad udang, kue cincin, dan ambuyat.


9. Muara Beach

Brunei Darussalam memiliki pantai yang bisa dikunjungi yakni Muara Beach. Muara Beach menyajikan pemandangan pasir pantai yang berwarna keemasan. Muara Beach berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota.

10. Danau Tasek Merimbun

Danau Tasek Merimbun merupakan tempat wisata di Brunei Darussalam yang dapat dikunjungi. Danau ini terletak sekitar 1 jam dari Bandar Seri Begawan. Bentuk danau ini unik yakni menyerupai huruf S. Di sekeliling danau juga terdapat bunga lili hijau cerah yang membuat pemandangan di danau menjadi semakin indah.

Jadi kapan kamu wisata ke Brunei Darussalam?




Simak Video "Momen Sultan Brunei Jenguk Wiranto di RSPAD"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/lus)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA