Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Nov 2019 08:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Menjelajahi Jejak Kejayaan Islam di Delhi, India

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Masjid Jama di Delhi, India (Reuters)
Delhi - Delhi di India dikenal sebagai salah satu pusat peradaban Islam dunia. Kamu pun bisa menjelajahi jejak peninggalan Islam di sana.

Mayoritas masyarakat India dikenal sebagai penganut agama Hindu. Namun, di abad ke-12 silam agama Islam sempat berkembang pesat di sana pasca Kesultanan Delhi di bawah Sultan pertama Qutb-ud-din Aybak.




Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Senin (25/11/2019), bukti kemenangan Islam di India itu pun ditandai dengan dibangunnya Qutub Minar di Delhi. Untuk informasi, Qutub Minar merupakan sebuah komplek bangunan dengan menara masjid setinggi 72,5 meter yang terbuat dari batu bata. Di mana kompleknya masih berdiri tegak hingga saat ini.

Usai kepemimpinan Sultan Qutb-ud-din Aybak, Delhi pun dipegang oleh Dinasti Khalji, Dinasti Tughluq, Dinasti Sayyid dan Dinasti Lodi yang juga bernafaskan Islam. Namun, Kesultanan Delhi itu tak berlangsung lama hingga Kerajaan Mughal muncul dan berkuasa di abad ke-16.

Masjid Jama yang jadi peninggalan Kerajaan MughalMasjid Jama yang jadi peninggalan Kerajaan Mughal (Reuters)

Di bawah kepemimpinan Shah Jahan, Kerajaan Mughal pun mengembangkan pengaruhnya hingga Agra, Sikri, dan Lahore. Adapun Delhi sempat menjadi ibukota kerajaan pada tahun 1648.

Pada masa itu, sejumlah landmark ternama India seperti Makam Humayun, Red Fort dan Masjid Jama dibangun untuk merayakan kejayaan Islam di India. Seperti Qutub Minar, sejumlah lanskap itu juga masih ada hingga kini.




Hanya saja, pengaruh Kerajaan Islam Mughal harus berakhir di masa pemerintahan Aurangzeb atau yang memiliki nama panjang Muhi-ud-Din Muhammad. Di tahun 1737, Kerajaan Mughal harus menelan pil pahit akibat kalah dari Kerajaan Hindu Maratha di bawah Bajirao I.

Menjelajahi Jejak Kejayaan Islam di Delhi, IndiaQutub Minar di Delhi (Thinkstock)
Perlahan, pengaruh Kerajaan Mughal pun mulai hilang seiring takluknya wilayah jajahan di bawah Kerajaan Hindu Maratha. Di tahun 1757, Kerajaan Hindu Maratha pun menggulingkan kejayaan Kerajaan Mughal dan mengambil alih Delhi. Momen itu juga sekaligus menandainya mundurnya kejayaan Islam di India.




Itulah sedikit cerita tentang kejayaan Islam di Delhi, India. Kamu bisa napak tilas kejayaan Islam di sana hanya dengan ikutan program tiket.com d'Traveler of the Year 2019. Ada kategori khusus "tiket.com's Choice" yang bisa mewujudkan impianmu ke India, termasuk Delhi!

Informasi lebih lebih lanjut kunjungi travel.detik.com/tiketcom-doty2019

Simak Video "Mencekam! Bangunan Runtuh Diterjang Air Usai Hujan Deras di India"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA