Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Des 2019 12:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Kapal Hanyut dan Seberangi Lautan Sejauh 3.200 Km

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Kapal aneh bertenaga surya di Irlandia (Foto: CNN)
Kapal aneh bertenaga surya di Irlandia (Foto: CNN)
Castlebar - Hal tak terduga dialami kapal aneh tanpa nakhoda ini. Kapal itu mampu menyeberangi lautan lebih dari 3.000 kilometer!

Tak main-main, lautan yang dilayarinya yakni Samudera Atlantik. Seperti diberitakan oleh CNN, Senin (2/12/2019), diketahui bahwa ada seorang penemu meninggalkan kapalnya yang bertenaga surya di Kanada. Kapal itu lantas hanyut dan ditemukan berjarak 3.200 kilometer dari posisi awal.

Kapal kayu bertenaga surya ini ditemukan terdampar di sebuah pantai di Irlandia. Penduduk yang ada di lokasi pada awalnya kebingungan dengan asal-muasal kapal tersebut.


Barulah tiga tahun berselang mereka menemukan jawaban dari mana asal kapal aneh itu. Terungkap bahwa pemilik asli kapal itu berada hampir 3.200 kilometer melintasi Samudera Atlantik yakni di Newfoundland, Kanada.

Cerita kapal aneh ini berawal pada tahun 2016 ketika seorang warga di County Mayo, Irlandia barat, menemukan kapal di pantai pada malam hari. Michael Hurst, petugas yang bertanggung jawab di Ballyglass Coast Guard Unit mengatakan pihaknya menerima telepon dari masyarakat adanya sebuah kapal jenis karavan terdampar di sisi barat semenanjung Mullet, dekat Pantai Drum.

Tak Terduga, Kapal Aneh Ini Bisa Seberangi Lautan Sejauh 3.200 KmFoto: CNN

Kapal itu terbuat dari kayu dan dilapisi dengan panel surya. Sontak penemuan barang aneh itu bikin warga terheran-heran.

Yang lebih misterius lagi, ada sebuah pesan tertulis di dalam kapal itu. Bunyinya, 'Saya, Rick Small, menyumbangkan struktur ini kepada pemuda tunawisma. Benda ini untuk memberi mereka kehidupan yang lebih baik, bagi orang-orang Newfoundland pilih untuk tidak melakukannya!'.


Setelah diperiksa tidak ada orang di atas kapal itu dan Hurst mengunggah foto kapal ke Facebook. Di hari berikutnya, karena unggahan itu, ia dibanjiri telepon dari media lokal hingga penduduk lokal yang tertarik.

Setelah tidak ada yang mengklaim kapal, Rick Small tidak ditemukan, unit penjaga pantai dan masyarakat setempat memperbarui kapal dan menyumbangkannya ke komunitas di dekat Binghamstown. Asal usul kapal itu tetap menjadi misteri selama tiga tahun.

Tak Terduga, Kapal Aneh Ini Bisa Seberangi Lautan Sejauh 3.200 KmFoto: CNN

Cerita berlanjut hingga ia menerima pesan beberapa waktu lalu dari seorang jurnalis yang mengatakan bahwa ia telah memecahkan teka-teki itu. Pemilik kapal itu, menurut Canadian Broadcaster CTV, adalah seorang penemu berusia 62 tahun, Rick Small.

Dalam sebuah wawancara dengan CTV, Small mengatakan bahwa ia membangun perahu bertenga surya untuk meningkatkan kesadaran akan perubahan iklim. "Saya akan pergi dari Newfoundland, sekitar Kutub Utara ke sini di musim panas," kata Small, yang juga menemukan sepeda bertenaga surya.


"Itu untuk menunjukkan bahwa esnya menghilang," imbuh dia.

Karena tidak dapat menemukan motor penggerak yang tepat untuk kapalnya, Small lalu meninggalkan kapal itu di Newfoundland. Ia tidak tahu bagaimana kapal itu melintasi Samudera Atlantik.

"Kapal itu tidak tenggelam. Aku pasti melakukan pekerjaan dengan baik," kata Small kepada CTV.




Simak Video "16 Migran Timur Tengah Ditemukan dalam Kontainer Menuju Irlandia"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA