Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Des 2019 05:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Canggihnya Parkiran Sepeda Bawah Tanah di Jepang

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Parkiran sepeda otomatis di Jepang (Randy/detikcom)
Tokyo -

Apabila Pemkot DKI Jakarta tengah menggalakkan penggunaan sepeda, maka Jepang telah lebih dulu. Bahkan mereka punya parkiran sepeda bawah tanah yang canggih.

Hal itu pun dijumpai detikcom saat berkunjung ke Minato City di Tokyo, Jepang, Kamis (12/12/2019) kemarin. Lokasinya berada di area taman yang jadi ruang publik.

Menariknya, parkiran sepeda tersebut tidak tampak oleh mata. Sebabnya, area parkir sepeda itu dibuat sedemikian rupa di bawah tanah.

Canggihnya Parkiran Sepeda Bawah Tanah di JepangFoto: (Johanes Randy/detikcom)

Lantas bagaimana cara memasukkan sepedanya? Ternyata ada beberapa pod atau gerbang berukuran kecil di taman tersebut yang berfungsi sebagai akses masuknya. Kebetulan, ada salah satu pengguna sepeda yang tengah memarkirkan sepedanya.

Layaknya memarkirkan sepeda ke parkiran sepeda, pertama-tama sang pemilik menempelkan sepedanya pada rangka besi yang ada di dalam pod sepeda. Setelah sepeda menempel di rangka yang disediakan, sang pemilik sepeda cukup menekan tombol dan seketika sepeda itu masuk ke dalam dan terparkir secara otomatis.



Foto: (Johanes Randy/detikcom)

Sedangkan untuk mengambil sepeda, sang pemilik cukup men-tap kartu keanggotaan di mesin pemindai yang ada. Setelah itu, sepeda pun otomatis keluar dari pintu masuk yang sama. Keren!

Untuk memakai fitur tersebut, traveler harus lebih dulu mendaftar jadi anggota. Setelah itu, traveler perlu membayar biasa sewa sekitar Rp 200 ribu per bulan untuk dapat memarkirkan sepeda di parkiran bawah tanah itu.



Simak Video "Senangnya Warga Tokyo, Bisa Nge-gym Hingga Nonton Bioskop Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA