Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Des 2019 16:27 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengenal Kumano, Tanah Sakral yang Jadi Destinasi Terbaik Jepang

Putu Intan
detikTravel
Kumano didaulat jadi destinasi wisata terbaik di Jepang. (Foto: iStock)
Jakarta - Kumano yang jadi destinasi wisata terbaik Jepang 2020 disebut sebagai tanah sakral tempat tinggal para dewa. Di sini wisatawan bisa rehat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

Selain wisata belanja dan hiburan di Tokyo atau wisata budaya di Kyoto, Jepang juga punya wisata spiritual yang terletak di Kumano, Prefektur Wakayama. Kumano yang dijuluki sebagai tanah para dewa ini sampai sekarang masih terjaga keasrian alamnya. Hal ini juga dipengaruhi berbagai ritual keagamaan yang dilakukan penganut Shinto Buddha yang disebut sebagai Shinbutso-sugo.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, sejarah pembangunan di Kumano ini dimulai pada periode Heian pada tahun 794-1185. Sebelum dibangun, Kumano adalah area pegunungan yang memang sudah dikenal sebagai tempat mistis yang belum terjamah manusia. Anggota kerajaan kemudian melakukan perjalanan antara 30-40 hari untuk mencari surga duniawi di Kumano.

Mengenal Kumano, Si Tanah Sakral yang Jadi Destinasi Terbaik Jepang 2020Pesona Kumano di Jepang. (Foto: iStock)


Sesampainya di sana, mereka mendirikan kuil-kuil yang dinamakan Kumano Sanzan. Ada tiga kuil sakral yang disebut sebagai Kumano Sanzan yaitu Kuil Utama Kumano Hayatama (Shingu), Kuil Utama Kumano Nachi Taisha (Nachi-Katsuura) dan Kuil Utama Kumano Hongu Taisha. Saat ini sudah ada 3.000 kuil yang berdiri di Kumano.

Suasana spiritual yang kental di Kumano juga tercermin dari jalur peziarah menuju Kumano Sanzan yang disebut Kumano Kodo. Jalur ini merupakan salah satu dari dua jalur yang dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Di sepanjang jalur itu, wisatawan juga bisa menemukan pemandian air panas (onsen) yang dipercaya dapat menjadi obat bagi tubuh dan pikiran. Salah satu pemandian yang dipercaya dapat menenangkan dan bermanfaat untuk kecantikan bernama Ryujin.

Mengenal Kumano, Si Tanah Sakral yang Jadi Destinasi Terbaik Jepang 2020Kumano, destinasi wisata terbaik di Jepang. (Foto: iStock)

Selain onsen untuk mandi, di Kumano juga ada sumber air panas yang biasa digunakan untuk memasak berbagai kudapan lokal seperti telur dan rebung rebus.

Di Kumano juga ada air terjun tertinggi di Jepang yang bernama Air Terjun Naichi atau dalam bahasa Jepang disebut Nachi no Taki. Air terjun setinggi 133 meter ini disebut sebagai perwujudan dewa dalam ajaran Shinto. Oleh sebab itu, air terjun ini dianggap suci dan ditandai dengan gantungan kertas berbentuk petir (shide).

Tak cuma wisata khas pegunungan, wisatawan juga bisa menonton paus sembari berlayar menggunakan perahu di Lautan Pasifik. Wisatawan bisa berangkat dari Pelabuhan Nachi-Katsuura.

Mengenal Kumano, Si Tanah Sakral yang Jadi Destinasi Terbaik Jepang 2020Kumano, disebut sebagai tanah sakral tempat tinggal para dewa. (Foto: iStock)


Wisatawan dari luar Jepang tak perlu khawatir akan keterbatasan informasi jika datang ke Kumano. Akses termudah menuju Kumano Kudo adalah melalui Kota Tanabe. Di sana juga ada Tanabe City Kumano Tourism Bureau yaitu biro pariwisata yang akan membantu wisatawan dalam merencanakan perjalanan dan mendapatkan pemandu wisata. Wisatawan juga bisa melakukan reservasi online melalui biro itu. Mau liburan akhir tahun ke sini?




Simak Video "Banjir-Longsor di Jepang, 2 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA