Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Des 2019 20:33 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bukan Mal, Ini Jalur Pejalan Kaki di Yokohama

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Kawasan pejalan kaki di Stasiun Bashamichi, Yokohama (Randy/detikcom)
Yokohama - Soal jalur pejalan kaki, kita bisa belajar banyak dari Negeri Sakura Jepang. Di Yokohama misalnya, ada jalur pejalan kaki yang megah seperti mal.

Dalam program MRT Fellowship 2019, detikcom berkesempatan singgah ke kota pelabuhan Jepang di Yokohama. Perjalanan dimulai dari Stasiun Shinjuku dan tiba di Stasiun Bashamichi, Yokohama.

Tiba di Stasiun Bashamichi, detikcom menemui bahwa stasiun yang berada di bawah tanah tersebut langsung terkoneksi ke dalam Bashamichi Shopping Avenue, yang terdiri dari beberapa lantai.

Bukan Mal, Ini Jalur Pejalan Kaki di YokohamaStasiun ini terhubung dengan mal (Randy/detikcom)

Kekaguman tak berhenti sampai situ. Masih di area yang sama, terdapat area pejalan kaki yang indoor dan terintergrasi dengan mal tersebut. Padahal kalau sekilas melihat, areanya seperti bagian dari mal.

"Ini area pejalan kaki, bukan mal," ujar penerjemah kami selama di Jepang, pak Kushwan.

Fakta itu pun cukup mengejutkan. Soalnya, area tersebut berada di dalam mal lengkap dengan atap dan dindingnya. Yang pasti, tidak ada motor apalagi mobil di area pejalan kaki tersebut. Mungkin inilah yang disebut area pejalan kaki indoor.

"Di sini pejalan kaki sangat dipisahkan dengan motor dan mobil," pungkas Kushwan.

Area pejalan kaki indor yang terkoneksiArea pejalan kaki indor yang terkoneksi (Randy/detikcom)

Dihitung-hitung, area pejalan kaki indoor tersebut memanjang lebih dari 1 Km. Sepanjang itu, berdiri aneka rumah makan hingga aneka tempat belanja yang bisa disinggahi traveler.

Hal itu bagaikan jadi cerminan betapa pemerintah setempat dan pengembang di Jepang begitu peduli pada pejalan kaki. Hal itu pun tampak jelas di Yokohama.




Simak Video "Updated! 218 Orang Positif Corona di Kapal Pesiar yang Dikarantina Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA