Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Des 2019 05:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Katanya Ini Tempat-tempat di Bumi yang Mirip Mars

Bonauli
detikTravel
Wadi Rum Desert (iStock)
Jakarta - Bumi kita sangatlah kaya. Di beberapa belahan dunia, ada sudut-sudut yang punya pemandangan luar biasa yang dimiripkan seperti planet Mars.

Pernah terbayang, bagaimana para astronot beradaptasi dengan kehidupan di luar angkasa? Sebelum keluar dari bumi, para astronot biasanya akan melakukan latihan adaptasi di beberapa tempat yang mirip dengan planet lain.

Dihimpun detikcom dari berbagai sumber, Kamis (26/12/2019) inilah beberapa tempat di bumi yang dimirip-miripkan dengan planet lain.

1. Wadi Rum Desert

Katanya Ini Tempat di Bumi yang Mirip MarsGurun Wadi Rum. (Foto: iStock)

Wadi Rum Desert lagi-lagi menjadi tempat syuting film Hollywood. Kali ini Wadi Rum digunakan sebagai latar dari film Star Wars: The Rise of Skywalker.

Wadi Rum memang sering dikatakan mirip dengan planet Mars karena memiliki gurun dan bukit berbatu merah. Tak heran jika film The Martian yang bercerita tentang planet Mars juga melakukan syuting di sini.


Gurun Wadi Rum sendiri berlokasi di Yordania bagian selatan. Tepatnya di kota Aqaba dan masih berada di kawasan yang dekat dengan Petra. Wadi Rum dinyatakan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada 2011.

2. Eyre Lake

Di Australia Selatan, ada sebuah danau yang bernama Eyre Lake. Sebenarnya danau ini menjadi yang terbesar di Australia. Namun ada saat di mana danau ini kering.

Yang membuat Eyre Lake mirip planet lain adalah penampakannya yang unik. Danau Eyre di kelilingi oleh bukit berwarna dan pasir merah.


Tak ada manusia yang tinggal di sekitar danau asin ini. Danau seluas 9.500 km itu memiliki salinitas yang tinggi dan berwarna pink pucat.

3. Dallol

Katanya Ini Tempat di Bumi yang Mirip MarsDallol di Ethiopia. (Foto: Nature)

Danakil Depression adalah sebuah kawasan gurun di utara Ethiopia, Afrika. Yang membuat kawasan ini menarik adalah statusnya sebagai daerah terpanas di bumi.

Danakil juga jadi salah satu titik terendah di bumi. Ketinggian Danakil yaitu 125 meter di bawah permukaan laut. Yang paling rendah bernama Dallol.

Area gurun di kawasan Afra ini berupa tanah dan bebatuan yang berwarna-warni. Warna yang dihasilkan oleh gurun ini berasal dari belerang, sulfur, mineral dan garam dalam batuannya.

4. Danau Natron

Katanya Ini Tempat di Bumi yang Mirip MarsDanau Natron. (Foto: Thinkstock)

Inilah Danau Natron, yang berada di dekat gunung berapi bernama Ol Doinyo Lengai. Karena itu, warnanya berwarna merah layaknya planet asing.

Danau Natron dapat membuat hewan-hewan yang lewat menjadi membatu. Banyak burung-burung yang mati di sekitar danau dalam kondisi mengeras berwarna abu-abu. Mereka tidak sengaja masuk ke dalam danau dan membatu, sehingga dijuluki sebagai neraka di bumi.


Menurut penelitian, natron pada nama danaunya merupakan air garam yang memiliki pH sampai 10,5. Artinya, air danaunya dapat membakar kulit dan mata hewan. Selain itu, air juga tercampur dengan abu beracun dari gunung berapi yang ada di sekelilingnya. Suhu airnya pun dapat menyentuh angka 100 derajat Celcius.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA