Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Des 2019 06:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kastil Prancis Dijual Hanya Seharga Rp 800 Ribuan

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Château de Vibrac (Dartagans/CNN)
Paris - Sebuah benteng peninggalan bangsawan Prancis abad pertengahan bisa dimiliki untuk Anda yang mau membelinya. Bagian-bagian kastil dijual dengan harga Rp 800 ribuan.

dilansir dari CNN Travel, benteng bernama Chateau de Vibrac yang runtuh di wilayah Grand Cognac, Prancis dijual dengan harga yang cukup murah. Bukan untuk semua bagian kastil, tapi bagian-bagian kastil yang terpisah ini masing-masing dihargai USD 55 atau sekitar Rp 766 ribu (1 USD = Rp 13.930) atau kita bulatkan saja Rp 800.000.

Selama 3 tahun berturut-turut, pelestarian warisan startup Dartagnans.fr dan asosiasi pemulihan nirlaba Adopte un chateau mengorganisir pembelian kastil Prancis ini. Sampai sekarang, sudah terkumpul lebih dari 175.000 Euro dengan lebih dari 1.700 orang dari 45 negara menjadi pemilik kastil bersama. Tim berharap dapat menginvestasikan hingga 1.240.000 Euro.



Foto: Vibrac, benteng yang dijual untuk publik (Dartagnans/CNN)


Setiap kontributor mendapat akses seumur hidup ke Chateau. Ada sebidang kebun yang bertuliskan nama mereka. Sebagai pemilik kastil, para kontributor berkesempatan untuk menentukan pengembangan kastil.

Harapannya, mereka bisa membangun Vibrac kembali ke kejayaannya yang dulu, dengan menunjukkan bagaimana potensi kastil melalui berbagai acara dan pertemuan. Ada pula rencana untuk menanam produk organik di lahan subur sekitar kastil.

Mereka juga merencanakan ada ruang ramah lingkungan yang tersebar di lahan seluas 12 hektar untuk dinikmati para tamu. Jadi, kastil ini bisa menjadi destinasi sejarah bagi masyarakat.



Pendiri Dartagans, perusahaan yang mengorganisir pembelian kastil, Romain Delaume mengatakan bahwa organisasinya mempertimbangkan potensi pariwisata sebuah bangunan ketika mereka memilih kastil mana yang akan diperoleh.

"Kastil ini seperti nugget emas kecil yang ditinggalkan selama lebih dari 100 tahun,"kataDelaume.

Kastil Prancis memiliki 3 bagian, Chateau of La Mothe Chandeniers, Château Of L'ebaupinay dan Chateau of Vibrac. Sejauh ini sudah ada kemajuan yang signifikan pada pemulihan Ebaupinay dan Mothe Chandeniers. Keduanya baru-baru ini telah dibuka untuk publik.

Foto: Terdapat 3 kastil Prancis yang dilestarikan oleh perusahaan Dartagans, Vibrac adalah kastil yang bisa dimiliki publik (Dartagnans/CNN)


Sejauh ini, sebanyak 600.000 euro telah disuntikkan ke proyek restorasi Mothe-Chandeniers. Kini kastil bagian pertama ini telah menyambut sebanyak 15.000 pengunjung.

"Kami mempekerjakan karyawan pertama kami untuk kastil, untuk menyambut para wisatawan dan menjual barang-barang di sana. Jadi ini adalah musim pertama yang hebat,"katanya.

Sementara pada musim panas lalu, Ebaupinay telah dibuka secara singkat dan menghadirkan sekitar 5.000 wisatawan. Rencananya, kastil akan memberikan pengalaman menarik untuk para wisatawan dan menawarkan wawasan tentang kehidupan abad pertengahan.

Foto: Benteng ditumbuhi dengan tanaman liar (Dartagnans/CNN)


Sedangkan proyek restorasi untuk Vibrac, akan dilakukan dengan hati-hati mengingat bangunannya yang sudah banyak ditumbuhi pohon-pohon liar. Ada rencana untuk memberikan pembangkit energi terbarukan di lokasi, pondok-pondok ramah lingkungan direncanakan akan dibangun di lahan kastil.

"Yang ingin kami lakukan adalah mengembalikan kastil dengan mode tradisional dan juga dengan metode baru dan mencoba membuat kastil abad 21," kata Delaume.


Simak Video "Nila Moeloek Sebut Wisatawan Bali Menurun Gegara Isu Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA