Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Jan 2020 13:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

24 Situs Warisan Dunia Ini Terancam Perang AS-Iran

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Sistem hidrolik Shushtar, Situs Warisan Dunia UNESCO di Iran (Foto: CNN)
Teheran - Iran memiliki puluhan Situs Warisan Dunia UNESCO, 24 tepatnya. Harta benda hasil budaya itu telah terancam oleh kebijakan Presiden AS, Donald Trump.

Seperti diberitakan CNN, Presiden Donald Trump makin serius dengan ancamannya. Ia menargetkan sejumlah situs budaya Iran.

Iran berikrar akan membalas dendam setelah Jenderal Qasem Soleimani tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS di Baghdad. Trump mengulangi peringatan ancaman soal harta bersejarah Iran pada Ahad lalu.

PBB memperingatkan bahwa serangan terhadap situs-situs budaya merupakan kejahatan perang. Kepala UNESCO, Audrey Azoulay, mengatakan adanya beberapa perjanjian hukum yang diratifikasi oleh AS dan Iran yang melarang serangan terhadap lokasi budaya.

Berikut ini 24 Situs Warisan Dunia UNESCO di Iran:

1. Ansambel monastik Armenia Iran

Situs ini terdiri dari tiga biara Kristen Armenia, yakni St. Thaddeus, St. Stepanos, dan Kapel Dzordzor. Lokasinya ada di barat laut negara itu.

Yang tertua di antaranya, St. Thaddeus, berasal dari abad ke-7. Biara adalah saksi tradisi keagamaan Armenia selama berabad-abad, menurut UNESCO.

2. Bam

Bam terletak di tepi selatan dataran tinggi Iran. Kota abad pertengahan di padang pasir ini berada di puncak kejayaannnya antara abad ke-7 dan ke-11.

Bam dikenal dengan pakaian sutra dan katunnya. Bam merupakan contoh permukiman luar biasa dengan benteng kuno, kata UNESCO.

3. Bisotun

Sebuah prasasti multibahasa diukir di tebing batu kapur di Iran bagian barat. Ditulis dalam bahasa Babilonia, Persia Tua, dan Elamit, relief batu ini mencatat kebiasaan Raja Darius memerintah di tahun 529-522 SM, membunuh perampas Gaumata, mengalahkan para pemberontak, dan mengambil alih takhta, menurut Encyclopedia Britannica.

4. Maymand

Lembah semi-kering di pegunungan tengah Iran ini dihuni oleh agro-pastoralis semi nomaden. Penduduk desa ini memelihara ternak mereka di padang rumput gunung dan berpindah-pindah ke permukiman sementara, ke gua, tergantung musim, menurut UNESCO.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
BERITA TERKAIT
BACA JUGA