Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Jan 2020 13:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

24 Situs Warisan Dunia Ini Terancam Perang AS-Iran

Sistem hidrolik Shushtar, Situs Warisan Dunia UNESCO di Iran (Foto: CNN)

24 Situs Warisan Dunia Ini Terancam Perang AS-IranMasjed-e Jame di Isfahan, Iran (Foto: CNN)

5. Istana Golestan

Sebuah tujuan wisata yang populer, istana mewah ini terletak di jantung Kota Teheran, Iran. Bersejarah, fasilitas yang paling menarik berasal dari abad ke-19 saat dijadikan kediaman keluarga kerajaan Qajar.

6. Gonbad-e Qabus

Makam bata setinggi 53 meter ini dibangun pada tahun 1006 M untuk Qabus Ibn Voshmgir, penguasa kota kuno Ziyarid. "Menara di timur laut Iran ini menggambarkan perkembangan matematika dan sains di dunia Muslim pada pergantian milenium pertama," kata UNESCO.

7. Kota Lama Yazd

Terletak di dalam Kota Yazd saat ini, pemukiman bersejarah di tengah dataran tinggi Iran, kata UNESCO, adalah saksi tentang penggunaan sumber daya terbatas yang ada di gurun untuk bertahan hidup.

Terletak dekat dengan Jalan Rempah dan Sutera, bangunan di sini terbuat dari tanah. Air dialirkan oleh qanat, atau sistem terowongan bawah tanah.

8. Masjed-e Jame di Isfahan

Berdiri di lebih dari 20.000 meter persegi, ini adalah salah satu masjid terbesar di Iran. Konstruksinya dimulai pada 841 AD.

"Situs ini menunjukkan evolusi arsitektur masjid selama berabad-abad dan merupakan prototipe untuk desain masjid selanjutnya di seluruh Asia Tengah," kata UNESCO.

9. Meidan Emam, Esfahan

Ini salah satu alun-alun kota terbesar di dunia dan dibatasi oleh bangunan bersejarah. Plaza ini dibangun pada abad ke-17 dan biasa jadi tempat nongkrong wisatawan.

10. Pasargadae

Situs arkeologi seluas 160 hektar ini memiliki istana, taman, dan makam Cyrus Agung, penguasa yang mendirikan Kekaisaran Achaemenid, yang bertahan selama lebih dari dua abad setelah kematiannya.

UNESCO menggambarkan Pasargadae, yang didirikan pada abad ke-6 SM sebagai bukti luar biasa peradaban Achaemenid di Persia.

11. Persepolis

Inilah reruntuhan kota kerajaan kuno Persepolis yang memiliki beberapa situs budaya Iran yang paling terkenal. "Didirikan pada 518 SM, itu adalah ibu kota Kekaisaran Achaemenid dan merupakan salah satu situs arkeologi terbesar di dunia," menurut UNESCO.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
BERITA TERKAIT
BACA JUGA