Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Jan 2020 05:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pulau Apung dari Alang-alang di Danau Tertinggi Dunia

Bonauli
detikTravel
Pulau Apung dari alang-alang. (Foto: iStock)
Puno - Pulau buatan di tempat ini beda dari yang lain. Tersusun alami dari alang-alang, pulau apung ini berada di danau tertinggi dunia.

Peru begitu identik dengan Machu-Pichu. Tak banyak yang tahu bahwa di perbatasan Peru-Bolivia ada danau tertinggi dunia yang begitu unik, Titicaca.

Dihimpun detikcom dari berbagai sumber, Danau Titicaca berada di ketinggian 3.821 mdpl dengan luas 8.300 km persegi. Danau ini bahkan lebih tinggi dari Gunung Rinjani.


Berada di Pegunungan Andes membuat danau ini layak untuk sombong karena kecantikannya. Airnya yang biru kontras dengan pegunungan dan cakrawala. Menurut kepercayaan Andes, Titicaca adalah tempat lahir dari matahari.

Selain itu, Danau Titicaca juga menjadi pemukiman dari Suku Uros. Orang-orang Uros ini sangat kreatif, mereka mampu untuk membuat pulau apung sebagai tempat tinggal di Danau Titicaca.

Pulau Apung Alang-alang di Danau Tertinggi DuniaSuku Uros di Peru. (Foto: iStock)

Tujuan awal pembuatan pulau apung ini adalah untuk menghindari konflik dengan suku lain. Lama-kelamaan pulau apung Uros justru jadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Pulau apung Uros dibuat dengan cara sangat tradisional. Mereka menyusun totora, sejenis alang-alang yang tumbuh di danau sebagai bahan utama dari pulau.

Totora ditumpuk dan diikat sehingga membuat sebuah pulau. Menjadi kepulauan, tiap pulau akan berisi satu desa yang terdiri dari 8 kepala keluarga. Sudah ada lebih dari 44 pulau yang mengisi danau cantik ini.


Karena terbuat dari alang-alang, Floating Island ini tak bisa ditumbuhi oleh tanaman lain selain alang-alang. Rumah penduduk pun dibuat dari alang-alang. Meski demikian, pulau ini tak pernah tenggelam sejak awal mula dibangun. Yang ada, pulau ini semakin populer dan menjadi tempat wisata di Peru.

Setiap harinya, warga Uros mencari nafkah dengan memancing dan menjual berbagai kerajinan dari alang-alang kepada wisatawan. Mereka memang sangat terampil dengan alang-alang.

Pulau Apung Alang-alang di Danau Tertinggi DuniaPulau Apung dari alang-alang. (Foto: iStock)

Wisatawan yang datang ke pulau apung ini dibuat terheran-heran. Bukan seperti pulau, wisatawan seakan diajak untuk liburan di bumi perkemahan tradisional.

Untuk bisa berkunjung ke pulau apung ini, wisatawan harus menggunakan perahu tradisional. Seperti rumah dan pulaunya, perahu Uros juga terbuat dari alang-alang.

Cantik dan instagramable, rasanya Pulau apung Uros layak untuk jadi tempat liburan kamu selanjutnya!




Simak Video "Peru Kembali Lockdown, Kumpul Keluarga Kini Dilarang"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA