Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Jan 2020 18:52 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mau Wisata di New York, Baiknya Perhatikan Dulu Hal-hal Ini

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi wisata di New York. (Foto: iStock)
Jakarta - New York sebagai destinasi populer di Amerika Serikat punya sejumlah hal dan aturan yang patut diperhatikan oleh traveler. Buat kamu yang mau wisata di New York, yuk simak.

Melancong ke Amerika Serikat rasanya tak akan lengkap kalau tidak ke New York. Salah satu kota terpadat di dunia ini punya beragam wisata yang jadi ikon AS seperti Patung Liberty, teater Broadway, sampai Museum of Art.

Namun sebelum main ke New York, ada baiknya traveler memperhatikan sejumlah aturan dan etiket yang berlaku di sana. Dirangkum detikcom dari Culture Trip, inilah beberapa hal yang bisa membantu liburanmu jadi lebih lancar.


1. Memberi tip

Di Indonesia, memberi tip bukanlah hal yang umum dilakukan. Hal ini berbeda ketika traveler pergi ke New York. Di sana orang-orang akan memberikan uang tip sebesar 15-20 persen dari total tagihan, baik untuk sopir taksi, pramusaji, pegawai salon, dan sebagainya.

Sementara itu, jika traveler pergi minum di bar, biasanya akan ada uang tip sebesar satu dolar untuk setiap minuman yang dibeli. Orang-orang di sana juga akan memberi tip tambahan khusus barista sebagai ucapan terima kasih karena telah membuat minuman yang enak.

Mau Wisata di New York, Baiknya Perhatikan Dulu Hal-hal IniBiasakan kasih tips di New York. (Foto: iStock)

Jika di hotel, tamu-tamu umumnya akan memberikan uang tip sebesar USD 1-2 atau sekitar Rp 14-28 ribu pada porter, concierge, atau pembersih kamar.

Para pekerja di New York sangat bergantung pada uang tip untuk membeli keperluan sehari-hari. Jadi, kalau traveler tidak memberikan tip atau bahkan menolak, situasi akan menjadi tidak nyaman.

2. Jadilah penumpang subway yang baik

New York punya sejumlah transportasi umum yang populer, salah satunya subway. Subway di New York juga seringkali penuh penumpang sehingga menjaga sikap sangat penting dalam kondisi tersebut.

Berikanlah tempat duduk pada perempuan hamil dan lansia yang membutuhkan. Hindari bersandar pada tiang di dalam subway, menggendong tas punggung saat ramai, dan menempatkan tas pada tempat duduk kosong karena itu akan memakan tempat.

Mau Wisata di New York, Baiknya Perhatikan Dulu Hal-hal IniSubway di New York. (Foto: iStock)

Jika traveler berdiri di depan pintu, segeralah minggir saat ada orang yang akan turun. Yang tak kalah penting, selalu dahulukan penumpang yang turun sebelum traveler hendak naik ke subway.

3. Menunggu giliran taksi

Taksi juga populer di New York terutama ketika sedang hujan dan tengah malam usai orang-orang meninggalkan bar dan kelab malam. Ketika banyak orang sedang menunggu taksi, jangan pernah menyela. Tunggulah giliran traveler atau pindah mencari taksi ke jalan lain.

Mau Wisata di New York, Baiknya Perhatikan Dulu Hal-hal IniManggil taksi di New York. (Foto: iStock)

4. Jangan lengah

Traveler yang baru pertama kali ke New York mungkin akan kaget atau bingung dengan padatnya kota tersebut. Bila traveler kehilangan arah, jangan lengah dan berhenti di tengah jalan.

Hal ini dapat mengganggu orang yang sedang lalu lalang. Lebih baik traveler menepi dan dengan tenang mencari informasi atau membuka Google Maps sebelum memutuskan melanjutkan perjalanan.

5. Tepat waktu

Orang-orang New York terkenal anti ngaret alias tepat waktu. Bila traveler sudah memesan meja di restoran, traveler harus datang tepat waktu. Jika traveler terlambat lebih dari 15 menit, meja itu akan diberikan pada orang lain.

Mau Wisata di New York, Baiknya Perhatikan Dulu Hal-hal IniJangan ngaret ya. (Foto: iStock)

6. Turun taksi lewat pintu dekat trotoar

Ketika traveler turun dari taksi pastikan traveler keluar melalui pintu taksi yang dekat dengan trotoar. Jangan lupa selalu pastikan ketika traveler membuka pintu tidak ada pengendara sepeda yang sedang melintas.

7. Gunakan MetroCard dengan bijaksana

MetroCard adalah alat pembayaran bagi pengguna subway dan bus dalam kota New York. Traveler sebaiknya berhati-hati bila diminta orang lain menggesek kartu milik traveler untuknya. Jika traveler menurutinya, ini berarti traveler membayar ongkos transportasi untuk orang tersebut.

Mau Wisata di New York, Baiknya Perhatikan Dulu Hal-hal IniMetrocard di New York. (Foto: iStock)

8. Perhatikan aturan berjalan di trotoar

New York adalah kota sibuk. Di sana orang-orang akan berjalan dengan cepat dan tidak suka bila ada orang asing yang menghalangi jalan mereka.

Maka dari itu pastikan traveler menggunakan trotoar dengan baik, misalnya tidak jalan sambil main ponsel atau mengobrol. Aturan ini mirip ketika kita menggunakan eskalator dimana sisi kanan untuk yang lebih santai sedangkan sisi kiri untuk orang yang buru-buru.


9. Jangan buang sampah sembarangan

Traveler harus tertib membuang sampah ke dalam tempat yang telah disediakan di setiap sudut jalan. Di sana tempat sampah juga sudah dipilah sesuai dengan jenis sampahnya. Jadi, pastikan traveler membuang sampah ke tempat yang tepat.

Mau Wisata di New York, Baiknya Perhatikan Dulu Hal-hal IniBuanglah sampah pada tempatnya di New York. (Foto: iStock)




Simak Video "Warga New Jersey Santai Nikmati Pantai"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA