Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Jan 2020 21:05 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pulau Kematian Dekat Venesia, Tempat Kumpul Arwah Gentayangan

Kris Fathoni W
detikTravel
Pulau Kematian yang seram di Italia. (Foto: iStock)
Jakarta - Di Italia ada sebuah pulau yang dikenal angker. Julukannya saja sudah bikin ngeri: pulau kematian. Konon, arwah orang-orang jahat terbangun dan kumpul di sana.

"Ketika orang jahat mati, ia akan terbangun di Poveglia," demikian artikel NYPost mengacu pada kalimat orang setempat, yang bisa jadi gambaran awal betapa horornya pulau tersebut.

Poveglia adalah sebuah pulau yang berjarak kurang dari dua kilometer dari kanal-kanal Venesia -- tempat wisata yang populer di Negeri Pizza. Poveglia sendiri tak bisa dikunjungi, kendati turis yang penasaran bisa mengamatinya dari Pantai Lido yang lokasinya tidak jauh.


Dikisahkan The Telegraph, Pulau Poveglia pernah dijadikan tempat karantina kapal menuju Venesia pada abad ke-18. Tak berapa lama, sebuah wabah ditemukan di dua kapal yang tiba.

Setelah itu pulau ini ditutup dan dipergunakan untuk mengumpulkan orang-orang dengan penyakit menular. Terisolasi, mereka ditinggalkan untuk mati. Hal ini turut memunculkan legenda bahwa orang-orang yang sakit parah di sana tinggal menanti ajal lalu kembali sebagai arwah untuk menggentayangi pulau itu.


Tahun berlalu, abad berganti. Sebuah rumah sakit untuk orang-orang lanjut usia dibangun di Pulau Poveglia pada tahun 1922 dan beroperasi sampai dengan 1968. Kisah seram kembali mengiringi.

Konon, rumah sakit itu acapkali melakukan eksperimen mengerikan buat para pasiennya, termasuk tindakan kontroversial bedah otak lobotomi. Sekadar informasi, lobotomi ini identik dengan prosedur di luar kelaziman yang saat itu dianggap sebagian kalangan dapat menyembuhkan orang sakit jiwa, di antaranya dengan merusak atau memotong jaringan-jaringan otak dalam lobus prefrontal (bagian depan kepala).


Akhir kisah rumor eksperimen mengerikan itu pun tak kalah horor. Si direktur rumah sakit jiwa, yang bertanggung jawab atas eksperiman lobotomi terhadap pasiennya, konon dibuat gila oleh penampakan-penampakan aneka hantu di Pulau Poveglia. Riwayatnya tamat setelah terjun dari menara di rumah sakit tersebut.

Puluhan tahun berselang, warga setempat yang tinggal berdekatan dengan Pulau Poveglia mengaku masih mendengar suara lonceng dari arah pulau tersebut. Padahal sudah tak ada lagi lonceng di Pulau Poveglia!

Saat ini Pulau Poveglia rutin masuk daftar tempat-tempat paling horor di Eropa. Pulau yang pada tahun 2014 dijual ke pengusaha Luigi Brognaro ini juga rutin masuk acara-acara televisi bernuansa aktivitas paranormal alias paranormal activity, berkat beragam kisah ngeri yang mengiringi eksistensinya.




Simak Video "Ini Film Horor Terseram Sepanjang Masa Berdasarkan Riset Ilmiah"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA