Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Jan 2020 17:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengenal Festival Layang-layang India yang Mendunia

Syanti Mustika
detikTravel
Festival Layang-layang di India (AFP)
Ahmedabad - Banyak festival yang dirayakan di India. Salah satunya adalah festival layang-layang yang diikuti beragam negara setiap tahunnya.

Dari festival yang rutin dirayakan di India, baik yang berhubungan dengan agama, kebudayaan, dan juga olahraga, festival layang-layang senantiasa dinantikan. Festival Layang-layang Internasional atau International Kite Festival ini selalu ditunggu penggemar layangan dan fotografi.

Festival ini, yang juga memiliki nama Uttarayan, diadakan selama periode Makar Sakaranti, yaitu hari panen paling penting di India. Festival ini sangat terkenal hingga mancanegara.


Layangan yang akan terbang dalam festival layangan (AFP)Layangan yang akan terbang dalam festival layangan (AFP) Foto: AFP


Menurut ajaran Hindu, Makar Sakaranti dipersembahkan untuk Dewa Surya. Serta menurut kelender Hindu, Makar Sakaranti juga dirayakan sebagai festival panen dan pertanda musim semi.

Dirangkum detikcom, International Kite Festival biasa diadakan dalam pergantian musim hujan ke panas menurut kelender India. Ini pertanda bagi petani untuk bersiap menuju musim panen. Untuk perayaannya selalu diadakan di setiap tanggal 14 Januari.

Karena perayaan ini sangat besar, jadi Uttarayan dijadikan sebagai hari libur nasional di India. Selama festival, hasil panen lokal seperti sayur, kacang-kacangan, umbi-umbian ditampilkan dan disajikan pada banyak orang.

Pada hari festival juga, orang-orang ramai ke pasar membeli produk pertanian yang berlimpah.

Peserta memegang gulungan benang layangan (AFP)Peserta memegang gulungan benang layangan (AFP)

Makar Sakaranti juga identik dengan layang-layang. Maka pada hari itu, langit India akan dipenuhi oleh layang-layang berwarna-warni.

Ada cerita menarik dibalik festival layang-layang di India. Dulunya layangan digunakan raja sebagai saranan olahraga untuk memperlihatkan ketangkasan, keterampilan dan kekuatan mereka. Budaya layangan ini dibawa oleh orang Persia ke India. Jadi layangan sudah lama melekat dalam keseharian orang India.

Festival layang-layang pertama kali diadakan pada tahun 1989. Semenjak itulah festival ini kemudian menjadi kebiasaan dan kegiatan yang masih dipertahankan hingga sekarang.

Bahkan dulu tahun 2012, sebuah perusahaan pariwisata mengatakan bahwa Festival Layang-layang Internasional di Gujarat sedang mencoba masuk ke dalam Guinness World Records karena festival ini diikuti oleh 42 negara.

Peserta mencoba menerbangkan layangan (AFP)Peserta mencoba menerbangkan layangan (AFP)

Selama 2 hari, tanggal 14 dan 15 orang-orang India akan menerbangkan ratusan layang-layang beragam ukuran dan warna. Di India, ada tiga tempat yang menjadi tuan rumah festival, yaitu Gujarat, Telengana dan Rajastan. Namun acara utama diadakan di Ahmedabad (kota terbesar di Gujarat).

Peserta dari festival layangan tidak hanya dari India saja. Namun negara-negara seperti Jepang, Inggris, China, Malaysia, dan Prancis juga meramaikan kegiatan ini Festival Layang-Layang Internasional Ahmedabad 2020. Diprediksi 8-10 juta orang akan meramaikan festival ini. Wow!

Jika traveler tertarik melihat ratusan layangan berwarna-warni memenuhi langit India, silahkan rencanakan liburan untuk pertengahan Januari ya.





















Simak Video "Festival Layang - layang, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA