Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Jan 2020 18:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Surga yang Tak Sengaja Tercipta akibat Perang

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Zona Demiliterisasi Korea (Foto: CNN)
Zona Demiliterisasi Korea (Foto: CNN)
Jakarta - Perang memiliki dampak kehancuran tidak hanya pada kehidupan manusia, tetapi juga buat lingkungan. Tapi di zona demiliterisasi ini, satwa liar malah berkembang.

Diberitakan CNN, lebih dari dua per tiga dari lokasi keanekaragaman hayati dunia mengalami konflik setidaknya sekali antara tahun 1950 dan 2000, membumihanguskan suatu lokasi dan perang kimia, dan menimbulkan ancaman serius bagi flora dan fauna.

Surga muncul ketika konflik berakhir, gencatan senjata disetujui, dan pasukan mundur. Ada tempat perlindungan baru muncul dan tak terduga setelahnya bagi hewan-hewan. Berikut surga yang tak sengaja tercipta akibat perang:

Surga yang Tak Sengaja Tercipta Akibat PerangDMZ Korea (Foto: CNN)

1. Zona demiliterisasi (DMZ) Korea

Pada tahun 1953, permusuhan antara Korea Utara dan Korea Selatan berakhir ketika ditandatangani sebuah perjanjian gencatan senjata. Itu menghasilkan zona demiliterisasi (DMZ) antar kedua negara sepanjang 250 kilometer dengan lebar rata-rata 4 kilometer.

Militer tetap ada dan sangat jarang warga sipil diizinkan masuk ke DMZ. Efeknya adalah penemuan bukti beruang hitam Asia yang langka, Amur Leopards, dan Amur gorals (sejenis kambing gunung) yang tinggal di sana oleh para pasukan.

Begitu banyak ilmuwan benar-benar ingin meneliti apa yang terjadi selama lebih dari enam dekade terakhir. Ini belum belum pernah terjadi sebelumnya.

DMZ Korea adalah rumah bagi lebih dari 5.000 spesies, 106 di antaranya memiliki status dilindungi Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan. Burung bangau putih dan spoonbill berwajah hitam adalah spesies langka yang berlindung di sana, di antara ladang ranjau dan kota-kota yang ditinggalkan.

Para ahli ekologi tidak diizinkan berada di dalam DMZ, mereka ada di luar pagar dan mempelajarinya di Zona Kontrol Sipil (CCZ). Didirikan di wilayah Korea Selatan sebagai penyangga tambahan, sebagian CCZ telah ditetapkan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO.

Penebangan dan banjir telah merusak tanah di Korea Utara, dekat perbatasan. Pembangunan kota dan polusi di Korea Selatan bikin DMZ jadi oasis bagi burung yang bermigrasi karena tak ada aktivitas di DMZ.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA