Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Jan 2020 22:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tempat-tempat Bersalju di Arab Saudi

Syanti Mustika
detikTravel
Tabuk, tempat di Arab Saudi yang turun salju (Twitter)
Tabuk - Arab Saudi dikenal sebagai kawasan gurun dengan panas yang ekstrem. Namun ada beberapa tempat yang bersalju Arab Saudi yang bisa kamu lihat.

Sekarang kawasan Tabuk di Arab Saudi sedang bersalju. Salju telah turun semenjak hari Jumat (10/1) dini hari. Tabuk adalah provinsi berada di bagian barat laut Arab Saudi.

Mungkin dalam benak kita, negara Arab Saudi adalah negara panas karena gurun pasirnya yang sangat luas. Siangnya di sana sangat panas, dan malam hari sangatlah dingin. Jika perubahan cuaca sangat ekstrem, suhu dingin di gurun bisa turun salju.

Dirangkum detikcom, Rabu (15/1/2020) terdapat beberapa wilayah gurun di Arab Saudi yang dijadikan destinasi salju bagi warga lokal. Salju ini muncul tatkala cuaca ekstrem melanda kawasan di sana.

1. Turaif

Turaif berada di perbatasan utara Arab Saudi. Bisa dikatakan Turaif adalah kota terdingin di Arab Saudi karena kota ini mencatat suhu terdingin di titik -12 derajat.

Kota ini jua menjadi salah satu yang terendah di Timur Tengah, mengalahkan Amman yang berada di suhu -10 derajat. Jarak Turaif bila ditempuh dari Riyadh adalah 691 Km dengan 2 jam terbang.

2. Sakaka

Sakaka berada di bagian utara Arab Saudi, tepatnya di Provinsi Al Jawf yang berjarak 864 Km dari Riyadh. Kota ini termasuk ke dalam kawasan Arab Saudi dengan musim dingin yang ekstrem.

Jika musim dingin, suhu di sana bisa mencapai di bawah nol derajat. Padahal di sana tidak ada pegunungan lho, namun bisa berbulan-bulan mengalami musim dingin.


3. Rafha

Rafha berada di utara Arab, dekat perbatasan Irak dan masuk daerah terdingin di Arab Saudi. Selama musim dingin, kota ini sering dilanda salju hebat. Jadi saat musim dingin, orang Arab akan memilih datang ke Rafha untuk menikmati salju daripada jauh-jauh ke luar negeri.

Tatkala musim panas, suhu di sana bisa mencapai 49 derajat Celcius. Namun saat musim dingin, suhunya sangat minus hingga turun salju.

Bila dihitung jaraknya, jarak Rafha dengan Kota Riyadh sekitar 390 Km. Dan bila menempuh jalur udara memakan waktu 1 jam 15 menit terbang.

4. Riyadh

Ibukota Arab Saudi juga memiliki iklim padang pasir yang panas, namun juga mengalami musim dingin. Terkadang suhunya bisa di bawah nol derajat di malam hari.

5. Tabuk

Tabuk adalah kota Arab Saudi yang mengalami musim dingin. Jadi bisa dikatakan Tabuk adalah tempat langganan salju dan jadi destinasi musim dingin bagi warga yang ingin menikmati salju.

Adapun waktu bersalju di sini adalah Desember-Januari dengan suhu mencapai -4 derajat Celcius. Pada saat seperti ini salju akan turun dan menutupi padang pasir.

Tempat-tempat Bersalju di Arab SaudiSalju di Tabuk(Twitter)



6. Arar

Masih bagian utara Arab Saudi, Arar terletak di daratan dengan batuan kapur dengan cuaca di sana sejuk-sedang. Suhu di sana saat musim dingin jarang yang berada di bawah nol derajat, namun hujan salju tipis melanda tempat ini.

Arar berjarah 550 Km dari ibukota Riyadh dan butuh waktu terbang sekitar 1 jam 35 menit dari Riyadh.

7. Ha'il

Kawasan ini berada di ketinggian 950 mdpl dan dikenal dengan daerah yang menyenangkan. Di sini sebagian besar memproduksi gandum dan buah-buahan.

Saat musim dingin, Ha'il bisa mencapai suhu minus 10 derajat Celcius. Suhu ini menjadikan Ha'il sebagai kawasan dengan dingin yang mencekam di Arab Saudi.








Simak Video "4 Oktober, Arab Saudi Kembali Buka Umroh Secara Bertahap"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA