Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Jan 2020 13:51 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kuang Si, Air Terjun Surga dari Lelaki Tua dan Seekor Rusa

Bonauli
detikTravel
Kuang Si, Air Terjun berjuluk Surga. (Foto: iStock)
Luang Prabang - Sebuah air terjun berjuluk 'Surga' ada di Kota Luang Prabang, Laos. Katanya, air terjun ini ada karena seorang kakek tua yang bijaksana dan seekor rusa.

Kuang Si adalah sebuah air terjun ciamik andalan Kota Luang Prabang di Laos. Dihimpun detikcom dari berbagai sumber, Kuang Si Falls berjarak 1 jam dari pusat kota.


Sebelum melihat keindahan air terjun ini, yuk mengenal Kuang Si lebih dalam. Air terjun yang dijuluki surga ini memiliki asal-usul yang misterius.

Menurut legenda, Kuang Si Falls dulunya terbentuk karena ada seorang lelaki tua yang menggali tanah di tengah hutan. Lelaki tua ini dikenal arif dan bijaksana.

Kuang Si, Air Terjun Surga dari Lelaki Tua dan Seekor RusaKeindahan Kuang Si Falls. (Foto: iStock)

Lelaki tua ini terus menggali tanah hingga cukup dalam. Kemudian barulah air keluar dari dari galian tanah. Air terus mengalir tanpa henti. Karena berada dekat dengan sumber air, seekor rusa akhirnya membuat sarang di bawah batu dekat air tersebut.

Semakin hari, air yang keluar makin banyak. Karena bergesekan dengan batu, kemudian muncullah bunyi gemericik yang menghasilkan gema sampai ke desa.

Mendengar suara air, akhirnya banyak warga yang datang ke dalam hutan. Makin lama, air dari dalam tanah mulai berubah menjadi air terjun. Sejak saat itu air terjun ini diberi nama Kuang Si.

Kuang Si, Air Terjun Surga dari Lelaki Tua dan Seekor RusaAir Terjun Kuang Si. (Foto: iStock)

Kini Air terjun Kuang Si telah dijadikan sebagai tempat wisata. Meski hanya setinggi 10 meter, namun penampakan Kuang Si sungguhlah indah.

Air terjun ini tak langsung jatuh ke bawah karena ada beberapa batu besar di bawahnya. Kolam di bawah air terjun pun memiliki beberapa undakan. Air Kuang Si yang berwarna toska membuat pemandangan semakin mirip surga.

Kuang Si, Air Terjun Surga dari Lelaki Tua dan Seekor RusaAir Terjun Kuang Si punya kisah misterius. (Foto: iStock)

Traveler diperbolehkan untuk main air, berenang atau melakukan aksi lompat dari atas air terjun. Namun kamu tetap harus berhati-hati ya..

Fasilitas yang diberikan tempat ini adalah ruang ganti dan toilet. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp 32.000 per orang.

Kuang Si Falls kini bukan cuma wisata air terjun saja. Area depan dekat pintu masuk dijadikan sebagai tempat konservasi beruang madu. Jadi sebelum masuk ke sini, kamu bisa foto-foto dan melihat kehidupan beruang madu di alam.




Simak Video "RI dan Laos Teken Kerja Sama di Bidang Hukum"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA