Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Feb 2020 12:13 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Virus Corona Vs Panda China yang Menggemaskan

Syanti Mustika
detikTravel
Giant Panda climbs in a tree
Panda yang sedang memanjat terlihat menggemaskan (iStock)
Chengdu -

Di awal tahun, China menjadi sorotan dunia karena virus corona. Padahal sebelumnya China dikenal sebagai rumah giant panda, hewan endemiknya China.

Virus Corona membawa China menjadi garis utama pembicaraan internasional di tahun 2020. Virus yang belum ada vaksinnya ini telah menginfeksi ribuan orang bahkan telah memakan korban.

Wuhan, lokasi yang menjadi pangkal penyebaran virus corona pun dikarantina. Begitu juga warga China di kawasan lain yang terpaksa 'dikurung' di tanah mereka sendiri.

Virus Corona dan Panda China yang MenggemaskanFoto: (iStock)


Begitu juga bagi turis yang berasal atau kembali dari China. Mereka terpaksa harus melakukan pengecekan kesehatan demi menghambat virus corona ini di negara yang didatanginya. Info terbaru, Corona telah masuk ke 23 negara di dunia.

Karena kondisi virus corona yang semakin menyebar, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mengumumkan sebagai keadaan darurat global atas virus corona. Semua negara diminta untuk siaga dan selalu memantau aktivitas warganya.

Saat ini China pun menjadi negara yang bisa dikatakan terisolasi. Banyak maskapai dunia mengurangi penerbangan bahkan menghentikan penerbangannya sementara ke China. Begitu juga cruise yang mengembalikan dana turis karena mereka batal berlayar dari China dan ke China.

PAnda hewan yang handal memanjatPanda hewan yang handal memanjat Foto: (iStock)


Popularitas China pun hilang sekejap karena virus corona. Padahal ada hewan endemiknya yang menggemaskan yang menjadi daya tarik wisatawan datang ke sana, yaitu giant panda. Hewan endemik dengan lingkaran hitam di sekitar matanya ini sangat menggemaskan.

Panda adalah hewan mamalia yang setengah harinya digunakan untuk makan. Bambu tentu saja menjadi favorit dan utama bagi hewan yang suka berguling ini.

Bobotnya yang besar, matanya yang gemas, warna bulu paduan hitam putih membuat panda makin terlihat lucu. Hewan ini juga suka memanjat untuk mencari makan di lereng tebing di saat musim panas lho.

Mungkin jika kita melihat kebiasaannya yang tak henti mengunyah alias makan, kita tidak akan percaya bahwa panda adalah pemanjat yang hebat. Mereka juga bisa berenang lho.

Bayi panda yang sangat mungilBayi panda yang sangat mungil (iStock)

Hewan yang menggemaskan ini biasanya hidup di daerah pegunungan yang terpencil di China tengah. Mereka suka hidup di hutan bambu-bambu sejuk dan basah. Saat mencari makan di lereng, panda bisa memanjat setinggi 13.000 kaki (3.962 meter).

Perlu nih kamu tahu, bahwa pada saat lahir, bobot bayi panda hanyalah 5 ons, 1/900 ukuran induknya lho. Namun mereka bisa tumbuh hingga 200 pound (90,7 kg) bagi betina dan 300 pound (136 kg) bagi jantan.

Keadaan panda yang semakin langka, membuat pemerintah China memperkuat konservasi dan perlindungan bagi panda. Berdasarkan data WWF tahun 2004, jumlah panda yang hidup dan terhitung di dunia adalah 1864 ekor. Jumlah ini tersebar di China dan kebun binatang di dunia.

Virus Corona dan Panda China yang MenggemaskanFoto: (iStock)


Nah, terdapat 4 tempat yang biasa dikunjungi wisatawan yang ingin melihat endemik Negeri Tirai Bambu ini. Diantaranya Chengdu Panda Base, Dujiangyan Panda Base, Wolong Panda Center, dan Bifengxia Panda Base.

Dari keempat tempat itu, tempat yang paling populer dikalangan wisatawan adalah Chengdu Panda Base yang berada di Chengdu. Di sini ada sekitar 50 panda yang umur dan ukurannya bervariasi.

Namun sekarang keinginan kamu melihat panda langsung di rumahnya harus ditahan karena dampak virus corona. Banyak negara-negara telah mengeluarkan larangan untuk warganya menahan diri untuk tidak berkunjung ke China.

Semoga solusi dari virus corona segera ditemukan.



Simak Video "Belanja di Festival 11.11, Warga China Habiskan USD 100 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA