Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 07 Feb 2020 17:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

7 Masjid Unik di Dunia: Biru, Pink, Hingga yang Mirip Permen

Rosmha Widiyani
detikTravel
masjid biru turki
Foto: Angga Aliya/7 Masjid Unik di Dunia: Biru, Pink, Hingga yang Mirip Permen
Jakarta -

Masjid memang dikenal sebagai tempat beribadah umat Islam yang kental suasana religius. Namun desain masjid bukan berarti kaku, tak enak dilihat, atau berlawanan dengan lingkungan sekitar.

Dikutip dari Medium dan Smarter Traveler, masjid bisa tampil unik dan menjadi landmark suatu wilayah. Masjid bahkan bisa menjadi karya seni instalasi terkait kejadian terkini. Misal masjid berupa replika dengan judul Paradise Has Many Gates yang sempat dipamerkan di Kanada pada 2018.

"Karya seni melambangkan ide keterbukaan (inklusivitas), penerimaan, dan kemerdekaan berbagai kelompok agama serta kepercayaan. Dalam seni berbagai ide kreatif bisa lahir dan saling terkait. Artis lewat karya seni dapat melakukan dialog sehat dengan berbagai kelompok dan generasi," kata kurator Zarina Laalo.

Paradise Has Many Gates terdiri atas rangkaian besi setinggi 6,5-10 meter yang disusun mirip rangka masjid. Di dalamnya terlihat sajadah untuk sholat dan chandelier tempat lampu atau sumber penerangan lain. Semua perlengkapan yang digunakan dalam karya seni Ajlan Gharem tersebut dirantai dengan rangka besi.

Karya seniman tersebut dipamerkan dalam Vancouver Biennale bertajuk re-IMAGE-n. Gharen adalah seniman multidisiplin asal Arab Saudi, yang karyanya tak hanya mampir di Vancouver Biennale bertajuk re-IMAGE-n. Paradise Has Many Gates tampil di Houston di Amerika, London di Inggris, dan acara yang diselenggarakan Simon Fraser University's Centre for Comparative Muslim Studies (CCMS), Kanada.

Paradise Has Many Gates menggambarkan masjid yang sesungguhnya terbuka untuk seluruh kelompok masyarakat. Masjid bisa menjadi tempat ibadah atau sekadar bertanya lebih lanjut tentang Islam, asal tidak mengganggu lingkungan sekitar. Masjid tentunya bisa tampil indah seperti yang ditunjukkan dalam replika. Berikut 7 nama-nama masjid di dunia yang indah dikutip dari situs smarter traveler

1. Masjid Biru, Turki

7 Masjid Unik di Dunia: Biru, Pink, Hingga yang Mirip PermenFoto: (Thinkstock)

Blue Mosque, Turkey, mungkin selalu tampil dalam deretan inilah 100 masjid terindah di dunia berbagai versi. Masjid yang sebetulnya bernama Sultan Ahmed Mosque ini, memiliki 6 menara yang membuatnya indah dilihat dari seluruh Turki. Bagian dalam masjid yang dihiasi 20 ribu lukisan di seluruh dinding sebetulnya terlihat lebih indah. Bagian atas masjid dihiasi kaca biru sehingga masjid mendapat cahaya alami, selain itu ada chandelier yang diisi ornamen berbentuk telur burung unta.

2. Sheikh Zayed Grand Mosque, Arab Saudi

Sheikh Zayed Grand MosqueSheikh Zayed Grand Mosque Foto: (Instagram)

Masjid ini didesain seperti menyatukan dunia dengan bahan bangunan yang berasal dari negara lain yaitu: Italia, India, Malaysia, dan New Zealand. Sheikh Zayed Grand Mosque mungkin menjadi salah satu masjid terbesar di dunia, yang mampu menampung hingga 40 ribu orang. Sementara aula utama untuk sholat mampu diisi hingga 7 ribu orang. Fitur yang paling diingat adalah chandelier mewah dengan hiasan kristal Swarovski dan kolam besar yang menyeimbangkan bentuk dan cahaya.

3. Masjid Jami Ul-Alfar, Sri Lanka

Jamiul AlfarJamiul Alfar Foto: (iStock)

Tidak berlebihan jika masjid Jami Ul-Alfar menjadi satu dari 10 masjid terindah di dunia. Dengan warnanya yang merah nyaris pink dengan corak garis-garis, masjid ini jadi terlihat seperti permen. Masjid yang dibangun di abad ke-19 ini terletak di pusat Colombo, ibukota Sri Lanka, yang selalu sibuk. Masjid ini dikunjungi sekitar 10 ribu orang untuk beribadah setiap harinya. Dengan lokasi yang strategis dan desainnya yang unik, Masjid Jami Ul-Alfar wajib dikunjungi jika berada di Sri Lanka.

4. The Great Mosque of Cordoba, Spanyol

Mezquita de CordobaMezquita de Cordoba Foto: (Instagram)

Gambar masjid yang bagus bukan satu-satunya keunggulan The Great Mosque of Cordoba, Spanyol, atau dikenal juga sebagai Mezquita-Catedral. Masjid ini menjadi bangunan tertua dari zaman kejayaan Islam saat memerintah Spanyol. Bangunan ini penah menjadi kuil di zaman Romawi, katedral, dan masjid namun fitur khas yang terinspirasi Islam terlihat paling menonjol. Mulai dari pola geometri hingga mihrab yang indah, Great Mosque of Cordoba adalah contoh desain bisa memadukan budaya dan sejarah suatu tempat.

5. Masjid Qol Sharif, Rusia

7 Masjid Unik di Dunia: Biru, Pink, Hingga yang Mirip PermenFoto: (AFP)

Qol Sharif tak hanya punya nama masjid yang bagus, tapi juga desain yang modern dan bersih. Masjid yang dibangun pada abad ke-16 ini sempat rusak sehingga dibangun kembali. Terletak di Kota Kazan di atas Sungai Volga, Masjid Qol Sharif terlihat menonjol di antara bangunan lain yang sama cantiknya. Masjid sekaligus Museum Islam ini juga menjadi tempat belajar lebih lanjut tentang sejarah dan tempat ibadah muslim di wilayah tersebut.

Masjid Qol Sharif RusiaMasjid Qol Sharif Rusia Foto: Thinkstock

6. Masjid Crystal, Malaysia

7 Masjid Unik di Dunia: Biru, Pink, Hingga yang Mirip PermenFoto: (iStock)

Daftar masjid indah di dunia tak mungkin melewatkan Masjid Crystal di Malaysia dengan desain yang unik dan modern. Masjid yang sebagian besar terdiri atas besi dan kaca ini memang terlihat berbeda jika dibandingkan masjid lain di dunia. Crystal Mosque terlihat bersinar dari dalam masjid sehingga bayangannya pun terlihat indah. Masjid yang dibuka pada 2008 di Islamic Heritage Park di Pulau Wan Man ini juga dilengkapi Wi-Fi dan memiliki replika masjid terkenal di seluruh dunia.

7. Masjid Nasir Al-Mulk, Iran

Masjid Nasir Al-Mulk, IranMasjid Nasir Al-Mulk, Iran Foto: Dok. Wikipedia/Diego Delso

Tak berlebihan jika Nasir Al-Mulk Mosque dikatakan sebagai salah satu warna masjid terindah di dunia. Kaca warna-warni di seluruh bangunan membiaskan sinar seperti warna pelangi di seluruh bangunan masjid. Nasir Al-Mulk Mosque sering disebut Pink Mosque karena interior atas yang dipenuhi warna pink. Bagi yang ingin berkunjung disarankan datang pagi hari, karena masjid terlihat lebih baik dengan cahaya matahari.

Masjid Nasir Al-Mulk, IranMasjid Nasir Al-Mulk, Iran Foto: (iStock)


Simak Video "Arsitektur Masjid Sancaklar yang Antimainstream"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA