Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Feb 2020 14:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pohon Beringin Berumur 550 Tahun Ini Ikon Jomblo Terbesar Dunia

Bonauli
detikTravel
Thimmamma Marrimanu
Pohon beringin yang diberi nama Thimmamma Marrimanu, ikon jomblo terbesar di dunia (BBC)
Kadiri -

Pohon beringin menjadi ikon dari India. Thimmamma Marrimanu adalah sebuah pohon beringin yang terkenal karena mampu jadi hutan meski sendirian.

Provinsi Andhra Pradesh di India memiliki sebuah hutan yang unik. Hutan tersebut memiliki luas 20.234 meter persegi dengan jumlah satu pohon.

Ya, hanya ada satu pohon yang menjadi anggota hutan. Berjenis Ficus benghalensis, pohon tersebut diberi nama Thimmamma Marrimanu. Nama ini juga menjadi sebutan bagi hutan unik tersebut.

Thimmamma Marrimanu berusia lebih dari 550 tahun. Sulur yang menjuntai ke tanah menjadi cabang dan memenuhi hutan, diintip detikcom dari BBC, Senin (24/2/2020).

Thimmamma Marrimanu sukses menyabet gelar sebagai pohon terbesar dunia dari Guinness World of Record pada tahun 2017. Saat diukur panjang dari cabang Thimmamma Marrimanu mencapai 846 meter.

Pohon Beringin Jomblo Terbesar DuniaFoto: (BBC)


Namun bukan julukan ini yang membuat Thimmamma Marrimanu terkenal di masyarakat India. Menurut legenda setempat, ada seorang wanita bernama Thimmamma.

Thimmamma telah bersumpah untuk setia dalam cinta untuk suaminya. Suatu ketika, sang suami menderita sakit kusta dan meninggal. Saat pembakaran jenazah suaminya, Thimmamma tak kuasa untuk melakukan sati.

Sati adalah praktek pembakaran diri seorang wanita di atas jenazah suaminya. Besarnya cinta Thimmamma kepada sang suami membuatnya begitu berat untuk hidup sendirian.


Masyarakat hindu percaya bahwa tahun 1433 sebuah pohon beringin tumbuh di tempat Thimmamma melakukan sati. Pohon beringin ini kemudian disebut mistis dan diberi nama Thimmamma Marrimanu.

Sejak itu Thimmamma Marrimanu disakralkan oleh warga India. Banyak pasangan yang datang ke pohon ini untuk berdoa agar mudah mendapatkan keturunan. Para perempuan akan mengikatkan sehelai kain dan setahun kemudian mereka akan hamil.

Tapi siapa pun yang memetik daun Thimmamma Marrimanu akan dikutuk. Katanya bahkan burung-burung pun sangat menghormati pohon ini. Sehingga tidak ada burung yang pernah tidur di pohon Thimmamma Marrimanu.

Pohon Beringin Jomblo Terbesar DuniaFoto: (BBC)


Setiap harinya Departemen kehutanan India akan menopang akar-akar muda dengan bambu. Alas granit ditempatkan di bawah cabang agar topangan kuat.

Saking besarnya pohon ini, kawasan hutan Thimmamma Marrimanu juga diisi dengan kuil. Setiap harinya banyak peziarah yang datang berdoa dengan melepaskan alas kaki dan berdoa.

Pohon Beringin Jomblo Terbesar DuniaFoto: (BBC)


Simak Video "Cetak Rekor! Dalam Sehari India Catat 28.000 Kasus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA