Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Feb 2020 19:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Rahasia di Balik Pantai Pasir Ungu di Kanada

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Pantai Ungu
Foto: (Candice LaFaver/BBC)
Ottawa -

Banyak pantai berpasir putih dan coklat, tak jarang pun ditemukan pantai cantik berpasir pink. Kali ini ada pantai berpasir ungu, mengapa begitu?

dilansir dari BBC, danau di Taman Provinsi Candle Lake di Kanada ini memiliki pasir berwarna ungu, sehingga dikenal dengan pantai pasir ungu. Hamparan tanah yang terpencil ini telah dikenal oleh masyarakat Kanada karena fitur geologisnya yang menakjubkan.

Butir-butir pasir dapat muncul dalam spektrum warna kromatik, mulai dari lavender hingga magenta, kadang-kadang juga merah muda. Hewan-hewan yang hidup di sekitar pantai menambah kecantikan pantai dengan lanskap indah ini.

Dengan adanya keunikan pasirnya, telah banyak para pengunjung mulai dari para naturalis, hingga fanatik geologi yang penasaran dengan kecantikan pasir ungu di Kanada ini. Mereka berharap dapat melihat sekilas sebelum menghilang di bawah salju atau hanyut terbawa air.

"Ya, Anda tidak akan berpikir itu nyata," kata seorang warga yang tinggal di dekat pantai, Debbie Hunter.


Dia menambahkan bahwa dirinya takjub dengan adanya pasir berwarna ungu. Dia hampir yak percaya ada fenomena alam semacam ini.

"Sulit untuk percaya, ada pasir berwarna ungu, hanya saja ini aneh, sungguh," kata Hunter.

Kenapa pasir bisa berwarna ungu? Ternyata ada penjelasan geologis dibaliknya. Menurut Profesor Geologi di Universitas Saskatchewan di Saskatoon, semua pantai mengaitkan warna mereka dengan mineral, batu dan karang yang mengandung berbagai partikel pasir.

"Jika Anda berkeliling dunia, ada berbagai macam pantai berwarna, jelas yang paling umum adalah pasir putih, itu biasanya terbuat dari banyak butiran kuarsa bulat" kata Andshell.


Kuarsa merupakan salah satu mineral yang ditemukan di kerak kontinen bumi. Sebagai mineral kedua yang paling umum ditemukan di bumi, kuarsa lah yang mempengaruhi warna putih pada pasir. Pasir Ungu di Pfeiffer Beach berwarna ungu karena garnet mineral yang ditemukan di dalam batu yang telah berusia lebih dari satu miliar tahun.

Selama ribuan tahun, mineral datang dalam berbagai warna tetapi sebagian besar berwarna merah gelap. Warna-warna ini ditemukan di bebatuan di seluruh area Canadian Shield, bagian besar dari benua Amerika Utara yang meliputi bagian utara Kanada. Terbentang luas dari Labrador di timur ke Manitoba di barat dan jauh ke utara lalu ke Wilayah Barat Laut, termasuk sebagian besar Saskatchewan Utara.

Sekarang, banyak ditemukan pantai-pantai yang tidak berwarna putih. Misalnya, masing-masing memiliki koleksi pantai berwarna hitam yang disebabkan oleh batuan lava vulkanik yang berwarna gelap. Begitu pula Danau Peyto di Taman Nasional Banff di Alberta yang memiliki warna hijau kebiruan karena butiran gletser yang mengendap di air.



Simak Video "Kanada Dihantam Gelombang Kedua Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA