Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Mar 2020 05:03 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Taman Hiburan Rumania Punya Danau dan Bianglala Bawah Tanah

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Salina Turda
Taman Hiburan Rumania Foto: (Getty Images)
Turda -

Jika rekreasi outdoor terasa membosankan, Salina Turda akan berikan pengalaman tak biasa. Rekreasi bawah tanah ini dibangun di tempat bekas tambang garam tertua di dunia.

Seperti dilansir dari Sun Travel News dan berbagai sumber, pada abad pertengahan, lokasi Salina Turda di Rumania sebelumnya digunakan sebagai tambang garam, namun ditutup pada 1932. Setelah itu ruangan kosong ini digunakan sebagai tempat perlindungan dari bom selama perang dunia II, kemudian sempat menjadi tempat untuk menyimpan keju.

Namun mulai 1992, ruangan tambang yang sangat besar telah berubah menjadi taman hiburan yang digemari wisatawan. Tingginya mencapai lebih dari 100 meter di bawah tanah, bahkan taman hiburan ini punya wahana bianglala!

Foto: (Getty Images)

Untuk menuju taman hiburan, Anda harus melewati serangkaian terowongan sempit. Anda juga harus turun sejauh 40 meter ke bawah tanah. Kalau berani, Anda bisa berjalan di sekeliling tambang melalui jalan kayu yang mengerikan. Kalau tidak berani, Anda bisa menaiki lift kaca yang membawa ke lantai utama. Tapi, hanya tersedia satu lift untuk turun ke taman, jadi pengunjung harus bersiap menghadapi antre panjang.

Berbagai macam fasilitas dan wahana terdapat di Salina Turda. Ada lapangan golf, mini golf, meja billiard, meja ping pong, ruangan amfiteater dan arena bowling. Wahana yang jadi favorit pengunjung adalah bianglala setinggi 20 meter yang punya 6 gondola.

Foto: (Getty Images)


Jika biasanya bianglala terletak di outdoor untuk memandang keindahan alam dari atas, Anda akan menemukan sensasi berbeda di Salina Turda. Pemandangannya akan berupa tambang Rumania kuno.

Ada lagi yang menakjubkan, yaitu danau buatan bawah tanah. Aksesnya menggunakan lift menuju ke dasar gua, sekitar 120 meter di bawah tanah.

Setelah sampai di bawah, pengunjung dapat menyeberang ke pulau kecil, di mana Anda dapat menyewa perahu dayung. Di atas perahu, Anda akan melewati 'air terjun garam'.



Airnya sangat dalam di beberapa tempat, tapi begitu tenang dan jernih. Stalaktit yang menggantung di langit-langit marmer, gerobak tua dan sistem katrol akan mengingatkan Anda tentang pekerjaan para penambang.

Selain memberi pengalaman baru ternyata iklim yang ada di dalam Salina Turda juga diyakini baik untuk kesehatan. Beberapa orang mengatakan bahwa udara di dalam gua dapat mengobati asma, demam dan penyakit kulit atau pernapasan kronis.

Penduduk Rumania membawa anak-anak mereka ke Salina Turda dengan harapan, udara antibakteri yang lembab akan membersihkan saluran udara mereka dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.



Simak Video "Selebrasi Kacamata Sergio Ramos Bikin Wasit Gagal Paham"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA