Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Mar 2020 06:48 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Piramida Paling Tua Mesir Dibuka Kembali

Piramida Djoser
Piramida Djoser di Mesir (Foto: CNN)
Kairo -

Inilah piramida yang diklaim tertua di dunia oleh ilmuwan. Setelah bertahun-tahun ditutup dalam proses pemulihan, situs di Mesir itu kini dibuka untuk umum.

Dilansir CNN, nama piramida itu adalah Piramida Djoser. Bangunan tersebut berusia sekitar 4.700 tahun.

Piramida Djoser hanya terbuat dari batu dan dibangun membentuk enam teras bertumpuk. Piramida ini dibuka dalam sebuah upacara pada hari Kamis lalu.

Piramida Djoser memiliki struktur yang berketinggian 63 meter. Bangunan itu terletak di komplek pemakaman Saqqara, di luar ibu kota kerajaan Memphis, sebelah selatan Situs Warisan Dunia UNESCO di Kairo.

Piramida Djoser di Mesir (Foto: CNN)Piramida Djoser di Mesir (Foto: CNN)

Kompleks aula dan lapangan mengelilingi Piramida Djoser. Piramida ini dibangun di bawah pemerintahan Raja Djoser (2650-2575 SM), raja kedua dari dinasti ketiga Mesir kuno.

Menteri utama Djoser, Imhotep adalah seseorang yang bijak dan ahli astrologi. Ia dipercaya sebagai arsitek bangunan tersebut.

Renovasi Piramida Djoser dimulai pada 2006 tapi terganggu pada 2011 dan 2012 karena terjadi pemberontakan rakyat Mesir dan penggulingan Presiden Hosni Mubarak. Lalu proses perbaikan dilanjutkan pada 2013.

Piramida Paling Tua Mesir Dibuka KembaliPiramida Djoser di Mesir (Foto: CNN)

Bukti pemulihan situs Piramida Djoser ada di langit-langitnya yang runtuh. Ada pula pembenahan di ruang pemakaman dan koridor.

Puing-puing juga dikeluarkan dari Piramida Djoser. Ada informasi di sana tersimpan sebuah sarkofagus granit seberat 176 ton berukuran hampir 5 meter.

Piramida Djoser kini memiliki sebuah sistem pencahayaan baru. Menteri Pariwisata dan Purbakala Khaled El-Enany mengatakan bahwa biaya pemulihannya sekitar USD 6,6 juta.



Simak Video "Pembatasan Dilonggarkan, Warga Mesir Padati Pantai di Alexsandria"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA