Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Mar 2020 16:06 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Tempat Paling Terpencil di Bumi yang Bebas Corona

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Lowongan Kerja di Antartika
Foto: Ilustrasi Antartika (dok. Australian Antartic Division)
Antartika -

Virus Corona sudah menyebar ke berbagai negara di dunia. Tapi masih ada satu tempat di Bumi yang sangat terpencil dan bebas Corona. Di mana tempat itu?

Buat traveler yang bertanya-tanya, bagian Bumi mana yang terbebas dari virus Corona? Jawabannya adalah di benua Antartika.

Ya, Antartika adalah tempat paling terpencil di Planet Bumi yang aman dari serbuan virus Corona. Sampai saat ini belum ada kasus positif Corona di Antartika alias zero case.


Dihimpun detikTravel, ada 3 stasiun penelitian milik Australian Antarctic Division di benua Antartika, yaitu Casey, Mawson, dan Davis. Ketiga-tiganya terbebas dari infeksi virus Corona, begitu laporan dari Dr Jeff Ayton, Chief Medical Officer organisasi tersebut.

Dr Jeff menyebut hal itu bisa terjadi karena stasiun penelitian Antartika rutin melakukan lockdown, yaitu selama 9 bulan penuh, tidak ada orang yang dizinkan untuk masuk ataupun keluar dari stasiun penelitian.

Ini Tempat Paling Terpencil di Bumi yang Bebas CoronaFoto: (AFP/Johan Ordonez)



Pesawat mengangkut logistik terakhir ke Stasiun Penelitian Casey terbang pada awal bulan ini. Sedangkan yang ke Stasiun Penelitian Davis pada 24 Februari dan Stasiun Penelitian Mawson pada 19 Februari lalu.

"Beruntung kami sudah beraksi sejak awal dan sudah melakukan persiapan. Kami juga mengontrol penuh akses masuk ke stasiun penelitian Antartika. Kondisi lingkungan yang sangat ekstrem, terisolasi dengan risiko tinggi menyebabkan hampir tidak ada kasus suspected COVID-19," ungkap Dr Jeff seperti dikutip dari harian Sydney Morning Herald.

Ini Tempat Paling Terpencil di Bumi yang Bebas CoronaFoto: (CNN Travel)


"Kami mulai bekerja bulan Januari, logistik pergi sebelum kasus Corona di Australia. Kami membatalkan semua kegiatan bepergian yang tidak penting dan melakukan pemeriksaan spesifik terhadap semua personel kami, serta menambah persediaan obat-obatan," imbuh Dr Jeff.

Situasi sejauh ini aman terkendali di Stasiun Penelitian Antartika. Namun sebaliknya, di Kutub Utara, tepatnya di Greenland, sudah dilaporkan ada kasus pertama Corona pada Senin (16/3) kemarin. Pihak otoritas Greenland saat ini tengah melakukan isolasi untuk melindungi penduduk agar tidak tertular.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA