Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Mar 2020 11:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Catat! 6 Museum Dunia yang Bisa Dilihat Secara Virtual

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Replika Lukisan Mona Lisa
Ilustrasi Mona Lisa (Reuters)
Jakarta -

Tak sedikit museum dunia yang mengalihkan koleksinya ke dunia maya untuk memerangi virus corona. Berikut 6 museum dunia yang menggelar pameran virtual.

Pandemi corona memaksa banyak museum dunia untuk tutup sementara waktu sebagai bentuk perlawanan ke virus corona. Trendnya, isi museum pun dipindahkan ke dunia maya dan tetap bisa diakses oleh wisatawan dunia secara online.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Jumat (20/3/2020), setidaknya ada 6 museum dunia yang menyajikan tur secara virtual di dunia maya. Berikut di antaranya:

1. Le Musee du Louvre, Prancis

Museum Louvree Paris yang menyimpan koleksi seni terbesar dan barang sejarah dunia merupakan salah satu yang telah menutup diri akibat virus corona. Namun, kini museum itu dapat diakses secara virtual.

Lewat louvre.fr/en/visites-en-ligne, traveler bisa menjelajahi Museum Louvree dan melihat aneka koleksi dari zaman Mesir hingga Galerie d'Apollon secara virtual.

2. British Museum, Inggris

Museum Inggris atau British Museum di London diketahui telah bekerjasama dengan Google Arts & Culture bersama dengan 2.000 institusi lain untuk menawarkan tur interaktif.

Caranya, cukup dengan masuk ke britishmuseum.withgoogle.com dan mengklik aneka pilihan artefak di situsnya untuk mendapat informasi detil terkait objek tersebut. Informasi pun bisa diberikan via panduan audio.

3. Rijkmuseum, Belanda

Rijkmuseum Amsterdam di Belanda merupakan salah satu museum dunia yang bisa diakses secara online. Lewat artsandculture.google.com/partner/rijksmuseum, traveler bisa melihat sejarah Belanda dan lainnya.

Seperti diketahui, Rijkmuseum juga menyimpan banyak sekali artefak dari Indonesia. Traveler pun bisa melihat 11 pameran berbeda dan melihat aneka koleksi di sana secara virtual.

4. Musee d'Orsay, Prancis

Kembali ke Prancis, Musee d'Orsay merupakan salah satu museum yang ikut membawa koleksinya ke dunia maya. Yakni lewat pranala artsandculture.google.com/partner/musee-dorsay-paris.

Lewat tur virtual, traveler bisa mengenal sejarah bangunan museum yang merupakan bekas stasiun kereta api hingga sejarah museum dari tahun 1848. Ada juga koleksi lukisan Van Gogh dan lainnya.

5. Guggenheim, AS

Galeri ikonik Guggenheim di New York, AS, juga menawarkan tur Google street view di mana traveler bisa melihat keseluruhan museum dan koleksinya secata virtual. Bisa dilihat lewat artsandculture.google.com/streetview/solomon-r-guggenheim-museum-interior-streetview.

6. Uffizi Gallery, Italia

Terakhir, ada Uffizi Gallery di Florence, Italia. Secara online, traveler bisa mengagumi koleksi keluarga de'Medicis di dalam museum dari abad ke-16. Diketahui, ada 4 pameran yang bisa dilihat.

Traveler pun bisa mengagumi karya seni Andromeda freed by Perseus karya Piero de Cosimo dan lainnya. Dapat diakses lewat artsandculture.google.com/partner/uffizi-gallery.



Simak Video "38 Daerah Berubah Status Jadi Zona Hijau, Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA