Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Apr 2020 17:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

12 Negara dengan 2 Ibu Kota, Sudah Tahu?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Kota Mbabane dan Lobamba di Kerajaan eSwatini
Lembah Ezulwini di Kerajaan eSwatini (Foto: CNN)
Jakarta -

Negara-negara ini memiliki lebih dari satu ibu kota. Negara mana saja, traveler sudah tahu?

Diberitakan CNN, Rabu (1/4/2020) bahwa perang, revolusi, dan jatuhnya kekaisaran telah mengubah peta dunia pada abad ke-20. Hanya sekitar 40 negara yang memiliki ibu kota pada tahun 1900, tulis Profesor David Gordon dalam pengantar buku Planning Twentieth Century Capital Cities.

Pada tahun 2000, jumlah itu akan bertambah menjadi lebih dari 200, ketika negara-negara baru muncul dari runtuhnya kekaisaran Inggris dan Prancis, Uni Soviet dan Yugoslavia. Sebagian besar negara memilih satu kota sebagai ibu kotanya.

Alasan pemilihan ibu kota tentu beragam. Seperti dalam kasus Amerika Serikat atau Afrika Selatan, Gordon mencatat bahwa persaingan mendapat kekuasaan di tingkat regional dapat menjadi faktornya.

"Ada kegiatan politik yang sangat rumit terlibat dalam hal semacam ini," ujar Gordon.

Kini, para traveler di seluruh dunia sedang rehat karena pandemi virus Corona atau COVID-19. Kita berangan-angan ibu kota mana yang akan dikunjungi selanjutnya.

Berikut negara-negara dengan dua ibu kota, pusat pemerintahan dan bisnis:

Kota CotonouKota Cotonou (Foto: CNN)

1. Benin: Porto-Novo dan Cotonou

Kota pelabuhan, Cotonou akan menyambut para traveler yang datang ke Benin. Begitu ramai, kota terbesar di negara itu juga merupakan pusat pemerintahan.

Ibu kota resmi Benin adalah Porto-Novo, satu jam perjalanan dari Cotonou. Di sini, jalanannya dipenuhi pepohonan dan arsitektur bersejarah.

Pembagian kekuasaan antara kedua kota telah terjadi sejak sebelum Benin mencapai kemerdekaan penuh dari Prancis pada tahun 1960.

2. Bolivia: La Paz dan Sucre

La Paz adalah ibu kota Bolivia yang berlokasi di puncak bersalju di Pegunungan Andes. Di sana ada kereta gantung yang melayang-layang di atas jalanan pusat kota.

La Paz adalah ibu kota administratif Bolivia. Namun, ibu kota konstitusi berjarak kilometer darinya yakni di Kota Sucre.

Pada masa awal pemerintahan kolonial, perak dari tambang di sekitar Kota Sucre mengubah kota pegunungan menjadi pembangkit tenaga listrik di Andes. Industri timah menjadikan La Paz sebagai pesaing baru bagi kekuatan ekonomi dan politik, dan menjadikannya pusat pemerintahan Bolivia hingga kini.

Sederet Negara dengan Dua Ibu Kota, Tahu?Kota Valparaíso yang berwarna-warni (Foto: CNN)

3. Chile: Santiago dan Valparaíso

Ketika anggota badan administratif dan peradilan nasional Chile menyaksikan salju turun di pegunungan sekitar Santiago, badan legislatif nasionalnya dapat menikmati matahari terbenam Samudra Pasifik dari Kota Valparaíso.

Dua kota yang spektakuler itu hanya berjarak 115 kilometer. Tapi, keduanya adalah dunia yang terpisah.

Di Santiago, sebagai ibu kota resmi, gedung-gedung tinggi memancarkan cahaya biru keabuan dengan latar belakang puncak gunung berbatu. Di Valparaíso, adalah pusat bangunan bersejarah yang terdaftar di UNESCO.

4. Pantai Gading: Yamoussoukro dan Abidjan

Presiden Félix Houphouët-Boigny yang memerintah Pantai Gading dari tahun 1960 hingga 1993, memanfaatkannya dengan menjadikan kampungnya sebagai kantor. Adalah Yamoussoukro, ibu kota kedua negara itu pada tahun 1983.

Namun, dibanding ibu kota asli yakni Abidjan, Yamoussoukro tetap tak bergairah. Abidjan adalah pusat pemerintahan secara de facto.

Kota BrnoKota Brno (Foto: CNN)


5. Republik Ceko: Praha dan Brno

Menara-menara bergaya gotik dan beratap Baroque menghiasi Sungai Vltava di Praha, sebuah kota karismatik yang memamerkan budaya dan sejarah Ceko.

Situs yang paling mengesankan adalah Kastil Praha, yang terdaftar di UNESCO. Didirikan pada abad ke-9, kastil yang luas adalah kantor resmi Presiden Republik Ceko.

Namun, Mahkamah Agung Republik Ceko berada di ibu kota kedua yang kurang dikenal, Kota Moravia di Brno. Lebih terlihat hidup karena para siswa memenuhi kafe-kafenya dan traveler bisa bertualang ke bawah tanah, mirip labirin, yang menampung puluhan ribu kerangka manusia.

6. Kerajaan eSwatini: Mbabane dan Lobamba

Sebelumnya dikenal sebagai Swaziland, negara yang tak punya batas laut ini punya lanskap yang sangat bervariasi. Di barat ada pegunungan, tebing curam, perbukitan hijau hingga padang rumput kering.

Bertengger di Bukit Dlangeni, Mbabane adalah ibu kota administratif negara ini. Jika ingin berjumpa dengan Raja Mswati III, Anda harus menuju ke Lobamba, ibu kota kerajaan.

Lobamba adalah kota di mana keluarga kerajaan tinggal. Mereka berada di Ludzidzini Royal Residence, salah satu dari beberapa tempat tinggal kerajaan yang tersebar di seluruh negeri.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA