Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Apr 2020 09:53 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Alcatraz, Pulau Penjara Terseram Dunia

Bonauli
detikTravel
The devil island - Alcatraz at San Francisco, sunset time
Foto: (Thinkstock)
San Fransisco -

Pulau Alcatraz menjadi rumah bagi tahanan kelas kakap AS. Seperti apa sih pulau penjara ini?

Alcatraz adalah pulau yang dikhususkan sebagai penjara. Letaknya 2,1 km dari pesisir San Francisco, California, AS. Penjara ini disebut-sebut sebagai yang terseram di dunia.

Sebelum mengenal lebih jauh soal Alcatraz, mari mulai dari bagian yang tidak seram. Nama berasal dari fauna yang ditemukan di sana, La Isla de los Alcatracec atau pelikan.

Ya, burung pelikan sangat mudah ditemukan di pulau ini. Namun seiring berkembangnya zaman, pulau ini dipersingkat menjadi Alcatraz saja.

The devil island - Alcatraz at San Francisco, sunset timeAlcatraz at San Francisco, waktu sunset Foto: (Thinkstock)



Dulu, banyak pulau-pulau kecil yang dijadikan sebagai tempat kegiatan militer dan penjara. Pada tahun 1930-1960, Alcatraz dibuat menjadi sebuah penjara.

Saat itu Amerika sedang mangalami masalah pertumbuhan gangster yang serius. Para mafia tersebut terkenal licik dari sering kabur dari penjara.

Akhirnya pemerintah saat itu membuat penjara yang jauh dari pemukiman. Lahirlah Alcatraz, markas militer yang beralih fungsi menjadi penjara dengan tingkat keamanan tertinggi saat itu.

Semua napi yang dianggap berbahaya akan dikirim ke sana. Selama beroperasi sekitar 29 tahun, napi-napi yang mendekam di sana diklaim tak pernah ada yang berhasil kabur. Kalau ada yang ketahuan mencoba kabur, akan mendapat sanksi atau hukuman yang sangat sadis.

Beberapa napi kelas kakap yang pernah mendekam di Alcatraz adalah Al Capone dan Alvin Karpowicz. Al Capone adalah seorang bos mafia dan juga seorang manipulator sejati kelahiran Italia-Amerika yang dikirim ke Alcatraz pada tahun 1934.

Alvin Karpowicz memiliki nama lain Creepy karena senyumnya yang menyeramkan. Ia adalah salah satu mafia yang paling dicari di Amerika pada tahun 1930-an. Karpowicz menjadi penghuni penjara terlama karena ia sering bertikai dengan penghuni lainnya. Ia menghuni Alcatraz selama 26 tahun.

The devil island - Alcatraz at San Francisco, sunset timeSel penjara Alcatraz Foto: (Thinkstock)



Walaupun menjadi penjara dengan keamanan terbaik pada masa itu, karena masalah dana operasional yang besar dan lain sebagainya, penjara Alcatraz pun ditutup. Sekitar tahun 1980 Alcatraz terbuka untuk publik dan tahun 1986 ditetapkan menjadi landmark nasional AS.

Sel-sel yang dulu ramai, kini sepi dan sunyi. Beberapa sudut dibiarkan gelap untuk menambah efek horror bekas penjara ini.

Alcatraz menyediakan tur untuk wisatawan yang penasaran dengan pulau penjara ini. Untuk mencapai pulau ini, turis tinggal naik kapal dari Pier 33 di San Francisco. Tak hanya siang, tur di sana saat malam hari pun bisa.

The devil island - Alcatraz at San Francisco, sunset timeAlcatraz Foto: (Thinkstock)



Tur di malam hari ini memang paling diminati. Berkunjung di bekas penjara pada siang hari saja terkadang terasa menyeramkan, apalagi saat malam tiba yang bisa jadi makin menambah suasana sendu dan horor. Sejumlah program spesial pun hanya disediakan untuk traveler yang berani tur di Alcatraz saat malam.

Tak hanya isi penjara, wisatawan juga bisa melihat sunset cantik atau Golden Gate Bridge yang terkenal di Alcatraz. Kemudian berkeliling sekitar pulau dengan naik kapal. Mercusuar dan bangunan bekas penjara pun terlihat berdiri kokoh dari atas kapal.

Jika pandemi Corona telah berakhir, mungkin Alcatraz bisa menjadi destinasi pilihanmu untuk liburan selanjutnya.



Simak Video "3 Hari Berturut-turut, AS Catat Lebih dari 1.200 Kematian Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA