Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Apr 2020 13:54 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Suatu Cerita Pilu, Pulau Besok dan Pulau Kemarin

Bonauli
detikTravel
Little Diomede Island dan Big Diomede Island
Foto: Little Diomede Island dan Big Diomede Island di depannya (BBC)
Little Diomede Island -

Di utara bumi ada dua buah pulau yang begitu menarik namun pilu. Nama pulau ini adalah Yesterday dan Tommorrow Island.

Yesterday dan Tomorrow Island adalah dua pulau di perbatasan antara Siberia di Rusia dan Alaska di AS, yang ada di tengah-tengah Selat Bering. Dua pulau ini memiliki nama asli Little Diomede Island dan Big Diomede Island.

Dua pulau ini menjadi bagian dari Kepulauan Diomede. Pulau-pulau cantik ini pertama kali ditemukan oleh penjelajah Rusia, Semyon Dezhnyov di tahun 1400-an. Namun faktanya, orang-orang Eskimo sudah menetap di sana dari 3000 tahun silam!



Seiring berjalan waktu, AS membeli Kepulauan Diomede dari Rusia di tahun 1648 saat memetakan negaranya. AS mendapat Little Diomede Island, sedangkan Rusia tetap memiliki Big Diomede Island.

Jarak antara Little Diomede Island dan Big Diomede Island hanya terpisah lautan sepanjang 3 kilometer. Menariknya, karena dibatasi oleh International Date Line kedua pulau kecil tersebut memiliki perbedaan waktu 21 jam!

International Date Line adalah suatu garis khayal di permukaan bumi yang berfungsi untuk mengimbangi penambahan waktu ketika seseorang bepergian menuju arah timur melalui berbagai zona waktu. Maka artinya, waktu di Little Diomede Island di AS lebih lambat dari pada Big Diomede Island di Rusia.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Detik-detik Toko di AS Dijarah dan Dirusak"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA