Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Apr 2020 12:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ritual Suci Sentuh Kepala Anak.. Pakai Kaki

Syanti Mustika
detikTravel
Festival Siwa Gajan, injak kepala
Festival Siwa Gajan ( Rupak De Chowdhuri/Reuters)
Kolkata -

Beragam kepercayaan dan tradisi di dunia yang unik. Seperti ritual di India ini yang untuk mendapatkan berkah harus menyentuh kepala dengan kaki.

Negara India memang terkenal akan budaya Hindu dan Budha yang kental. Dari dua keyakinan tersebut, ritual keagamaanya pun berbeda-beda.

Salah satunya adalah Festival Siwa Gajan, sebuah ritual tahunan umat hindu yang diadakan di kota Kolkata, India. Dirangkum detikcom, dalam festival ini, salah satu prosesnya adalah meminta orang suci atau pendeta menyentuh kepala, wajah, pundak, perut dan lengan anak dengan kaki. Yang mungkin, membuat orang lain yang tidak mengerti menjadi terheran-heran.

Adapun rangkaian prosesinya adalah, para ibu dari anak-anak yang ingin diberkati menggendong anaknya dan membaringkan secara berjajar di jalanan tempat festival tersebut diselenggarakan. Kemudian, pendeta berkalung bunga akan meletakkan kakinya di kepala dan bagian tubuh lainnya sembari membacakan berbagai doa.

Ritual ini dilaksanakan bukan tanpa alasan. Ini bermakna dan berupa doa agar anak yang disentuh dengan kaki diberkati, makmur dan sukses di masa depan nantinya.

Festival Siwa Gajan diadakan sehari sebelum kalender Bengali berakhir setiap tahunnya. Lokasinya diselenggarakan di Bengal barat dan Tripura.

Saat festival pun para peserta dan orang-orang yang dianggap suci akan memanjatkan berbagai macam doa untuk kenikmatan dan harapan. Tentunya berharap didengar oleh para Dewa dan dikabulkan segala permintaanya.



Simak Video "Serikat Pedagang India Minta Warga Boikot Barang China!"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA