Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Apr 2020 09:47 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Bandara Berpenghuni Pesawat Terlantar

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Bandara Lleida-Alguaire
Boeing 747 di Bandara Lleida-Alguaire (Foto: CNN)
Lleida -

Pandemi Corona bikin sejumlah maskapai mencari tempat mengandangkan pesawatnya. Bandara di Spanyol ini salah satunya.

Dikenal sebagai tempatnya pesawat yang ditinggalkan atau ditelantarkan, pesawat di sini ada di Death Row atau Jalur Kematian. Diberitakan CNN, ada begitu banyak pesawat yang tak lagi terbang di sini, di Bandara Lleida-Alguaire.

Ada Boeing 747 yang teronggok karena tak ada penerbangan pesanan. Ada pula jejeran Boeing 737 Max 8 yang telah di-grounded akibat dua kecelakaan fatal.

Bandara Lleida-Alguaire seperti bandara industri lainnya. Itu adalah tempat di mana pesawat menunggu terbang kembali hingga tempat peristirahatan terakhirnya atau Death Row.

Boeing 737 Max 8 yang telah di-grounded selama lebih dari satu tahun, masih ada yang keluar dari jalur perakitan hingga musim panas 2019. Ratusan pesawat yang tidak terkirim menumpuk dan ruang di fasilitasnya mulai habis.

Bandara Lleida-AlguaireBoeing 737 Max 8 di fasilitas Paine Field (Foto: CNN)

Pabrikan Amerika, Boeing, mengubah salah satu tempat parkir karyawan di fasilitas Paine Field, dekat Seattle, menjadi depot pesawat sementara. Beruntung bagi pabrikan yang sudah mengirim ke maskapai di seluruh dunia.

Maskapai-maskapai saat ini haru mencari tempat mengandangkan pesawatnya. Bandara-bandara utama bukanlah lokasi tepat mendaratkan pesawat karena biaya parkir yang terlalu mahal, di Eropa bisa USD 300 per jam.

Bandara Lleida-Alguaire adalah tempat di Eropa yang menyimpan pesawat 737 Max 8 paling banyak. Bandara ini dikenal sebagai gajah putih saat diresmikan pada 2010.

Frekuensi lalu lintas penerbangan komersial reguler di sini sangat kurang, bahkan sebelum krisis Corona. Hanya ada beberapa penerbangan reguler per minggu, ditambah dengan charter sesekali.

Dua maskapai Nordik, Norwegian dan Icelandair, telah mengirim armada MAX 8 mereka untuk disimpan di Bandara Lleida-Alguaire. Total ada 10 pesawat baru yang masih mulus karena baru keluar dari pabrik.

Bandara Lleida-AlguaireBandara Lleida-Alguaire (Foto: CNN)

Pesawat di sini diharap terbang lagi dengan adanya perawatan terhadap mesin hingga pencegahan korosi. Terutama bagian mesin, itulah hal paling sensitif dari pesawat yang mendapat perhatian khusus dan terus dipantau.

Kelembapan pesawat terus dijaga di bawah 40%. Mereka menggunakan mesin khusus untuk pekerjaan ini.

Mesin pesawat di Bandara Lleida-Alguaire akan dinyalakan berkala. Tapi, bagi pesawat tua yang sudah pensiun, hal itu tak akan dilakukan.

Di Bandara Lleida-Alguaire ada pemandangan menyedihkan ketika melihat Queen of the Skies, Boeing 747, dihancurkan. Pesawat akan diinventarisir semua bagian suku cadangnya dan beberapa di antaranya akan ada di pesawat lain.



Simak Video "Mengejutkan! Ilmuwan Spanyol Deteksi Covid-19 Pada Maret 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA