Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Apr 2020 04:08 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Masjid Tertua di Amerika Serikat

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Masjid Pertama di AS
Foto: Masjid North Dakota, masjid tertua di AS (Revert To Islam/Facebook)
Ross -

Bukan di kota besar seperti New York, masjid tertua di Amerika Serikat justru ada di pedalaman North Dakota, tepatnya di kota kecil bernama Ross. Mari lihat!

Sangat menarik untuk melihat sejarah dan perkembangan agama Islam di Negeri Paman Sam. Ternyata, di negara yang dipimpin oleh Donald Trump, Islam sudah masuk sejak berpuluh-puluh tahun silam.


Buktinya ada di pedalaman North Dakota, tepatnya di kota kecil bernama Ross, dengan jumlah penduduk 112 orang. Di sana berdiri sebuah masjid yang dipercaya sebagai Masjid Tertua di Amerika Serikat.

Tidak ada plang nama di depan masjid ini, tidak seperti masjid-masjid di Indonesia. Bentuk bangunannya pun biasa saja, tidak megah seperti di sini. Tak ada menara yang tinggi menjulang, yang ada hanyalah bangunan masjid sederhana.

Masjid pertama di amerika serikat North DakotaMasjid pertama di amerika serikat North Dakota Foto: (Instagram)



Bahkan simbol bulan sabit dan bintang yang selama ini jadi penanda masjid pun tidak ada. Pun demikian dengan ukiran-ukiran kaligrafi, di masjid ini hanya ada ruangan untuk salat dan hamparan sajadah yang menghadap ke kiblat.

Tapi di balik kesederhanaannya itulah, Masjid North Dakota menyimpan sejarah panjang perkembangan Islam di Negeri Paman Sam. Menurut catatan para ahli, masjid ini dibangun pada tahun 1929.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA