Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Apr 2020 21:00 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Fakta Unik Pyongyang Korea Utara dan Kabar Kim Jong Un

Lusiana Mustinda
detikTravel
Kim Jong-un: Mengapa sampai muncul spekulasi pemimpin Korea Utara ini sakit keras?
Pyongyang dan Kim Jong Un. Foto: BBC World
Jakarta -

Korea Utara merupakan negara yang lokasinya terletak di Asia Timur dengan ibukota bernama Pyongyang dan berserberangan dengan Korea Selatan. Negara ini menjadi salah satu negara dengan panganut paham komunis dan memiliki banyak peraturan yang tak biasa.

Namun baru-baru ini, masyarakat di Pyongyang kini tengah dilanda kebingungan. Pasalnya beredar kabar kalau Kim Jong Un meninggal. Isu ini muncul sejak beredarnya kabar mengenai memburuknya kesehatan Kim Jong Un.

Kim Jong Un beberapa pekan ini memang tengah dikabarkan sakit. Rumor tersebut muncul sejak ketidakhadirannya pada peringatan hari ulang tahun mendiang kakeknya, Kim Il Sung, pendiri Korea Utara, pada 15 April lalu.

Berita ini memang belum bisa dipastikan kebenarannya, karena kehidupan di Korea Utara memang tidak mudah dilihat dan terekspos dari luar. Negara ini sangat tertutup sehingga tidak membiarkan informasi lain bocor ke luar atau pun sebaliknya.

Berikut ini beberapa hal tentang Korea Utara, Pyongyang dan Kim Jong Un:

1. Punya Terowongan Rahasia


Informasi ini jarang diketahui, namun Korea Utara tercatat pernah membuat terowongan untuk memata-matai Korea Selatan di tahun 2014 lalu. Hal ini pernah diketahui Korea Selatan. Namun Korea Utara beralasan bahwa penggalian terowongan ini hanya dilakukan semata-mata untuk mencari batu baru.

2. Pemimpin yang Kejam


Siapapun warganya yang pindah dari Korea Utara akan disebut sebagai pengkhianat. Negara ini memiliki banyak sumber daya mineral, akan tetapi Korea Utara juga memiliki senjata nuklir yang dianggap sebagai salah satu negara nuklir yang paling ditakuti di dunia. Hal ini menjadikan mereka memimpin masyarakat atau rakyat mereka dalam sistem otoriter sehingga banyak warga Korea Utara merasa hidup dalam ketakutan dan tidak merasa bebas.

3. Tidak Boleh Selfie


Jika kamu berkunjung ke Pyongyang atau daerah lain di Korea Utara, maka jangan harap bisa bersua foto di berbagai tempat. Karena jika kamu ketahuan mengambil foto tanpa izin dari pihak bersangkutan, maka kamu akan dijatuhi hukuman berat oleh pemerintah Korea Utara.

Korea Utara termasuk salah satu negara yang tidak sembarangan membiarkan negaranya terekspos di dunia luar. Sehingga mereka yang datang berkunjung ke Korea Utara dilarang untuk mengambil foto dan juga mengambil video. Terutama mengabadikan berbagai kegiatan masyarakat Korea atau pemerintahnya.

4. Tidak Merayakan Hari Agama


Dikutip dalam scoopwhoop.com, Korea Utara menjadi salah satu negara yang tidak merayakan Natal atau hari raya apapun. Karena negara ini masuk dalam paham komunis sehingga tidak merayakan berbagai agama. Sebagai penggantinya, mereka memperingati hari kelahiran ibu Presiden Kim Jong Il pada tanggal 24 Desember setiap tahunnya.

5. Model Rambut


Kalau kamu tinggal di Korea Utara, maka tidak boleh bebas mengganti rambut sesukanya seperti yang ada di Indonesia. Kamu hanya bisa memilih satu dari 28 model rambut yang ada dan yang disediakan. Umumnya model rambut yang banyak diberikan seperti halnya bentuk model rambut presiden mereka yaitu Kim Jong Un. Di sisi lain para pemangkas rambut juga tidak boleh sembarangan membentuk atau membuat model terbaru untuk masyarakat.

6. Keadaan Kim Jong Un


Pernyataan terbaru dari Moon Chung-In selaku penasihat kebijakan luar negeri untuk Presiden Korsel, Moon Jae-in, menyebut Kim Jong-Un dalam keadaan 'hidup dan sehat'. Dia menyebut Kim Jong-Un tinggal di daerah Wonsan, Korut, sejak 13 April lalu.

Pekan ini, laporan surat kabar lokal Korsel, JoongAng Ilbo, yang mengutip seorang sumber seperti dilansir pada Senin (27/4/2020), menyebut bahwa Kim Jong-Un tidak menghadiri acara penting itu 'karena ada masalah di dalam Komando Pengawal Tertinggi yang bertugas mengawal pemimpin Korea Utara'.

Sumber yang dikutip JoongAng Ilbo mengindikasikan adanya kasus virus Corona di kalangan pengawal pribadi Kim Jong-Un. Hal ini memicu masalah tidak hanya dalam upaya pengawalan pemimpin Korut itu, tapi juga meningkatkan risiko penularan virus Corona terhadap Kim Jong-Un.



Simak Video "Situasi di Korea Utara di Tengah Isu Kesehatan Kim Jong-un"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA