Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Mei 2020 17:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

24 Jembatan Menakjubkan di Dunia (Bagian I)

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Kota San Francisco dan Golden Gate
Foto: (Maikel Jefriando/detikTravel)
Jakarta -

Jembatan Golden Gate San Francisco adalah jembatan gantung terpopuler di dunia. Gambar jembatan yang disebut salah satu jembatan dengan teknik terbaik di dunia itu sering menjadi hiasan kamar.

Jembatan yang dibuka pada tahun 1937 dan dibangun dengan biaya USD 35 juta saat itu bukan satu-satunya jembatan di dunia yang keren. Berikut daftar lengkap jembatan terkeren di dunia seperti dikutip dari CNN.

1. Jembatan Golden Gate, San Francisco, AS

Kota San Francisco mungkin takkan sama pemandangannya tanpa jembatan ini. Jembatan yang sudah berusia lebih dari 75 tahun itu disebut sebagai jembatan gantung paling dikenal di dunia.

Jembatan Golden Gate di San FranciscoJembatan Golden Gate di San Francisco Foto: Ari Saputra


2. Sydney Harbour, Sydney, Australia

Pesta kembang api di atas Harbour Bridge dan Sydney Opera pada 1 Januari lalu (Dean Lewins/AAP Images via AP)Pesta kembang api di atas Harbour Bridge dan Sydney Opera pada 1 Januari lalu (Dean Lewins/AAP Images via AP) Foto: AP Photo


Jembatan ini dijuluki sebagai 'The Coat Hanger' oleh orang Sydney karena desainnya yang memang mirip gantungan baju. Desainnya melengkung. Jembatan dibuka pada tahun 1932 dan menjadi jembatan kebanggaan Australia. Jembatan sering menjadi salah satu tempat perayaan tahun baru dengan pesta kembang api dan bola disko.


3. Ponte Vecchio, Florence, Italia

Jembatan ini merupakan jembatan dari abad pertengahan yang membentang di atas Sungai Arno, Ponte Vecchio. Kawasan ini dikenal dengan toko-toko perhiasan, penjual karya seni, dan penjual cinderamata. Jembatan ini merupakan jembatan batu tertua di Eropa dengan bentuk melengkung.

Jembatan Ponte Vecchio sangat cantik dan memiliki sejarah yang kaya sejak zaman Romawi. Selama Perang Dunia II, tidak seperti jembatan lain di Eropa, jembatan itu tidak dihancurkan oleh Nazi, di bawah perintah tegas dari Adolf Hitler.

Jembatan Ponte Vecchio (Foto GABRIEL BOUYS/AFP/AFP/Getty Images via CNN)Jembatan Ponte Vecchio (Foto GABRIEL BOUYS/AFP/AFP/Getty Images via CNN) Foto: GABRIEL BOUYS/AFP/AFP/Getty Images via CNN

4. Jembatan Brooklyn, New York City, AS

Jembatan yang diselesaikan pada tahun 1883, merupakan jembatan suspensi tertua di AS. Jembatan ini juga menjadi landmark khas yang tidak bisa dilepaskan dengan New York.

Jembatan Brooklyn, adalah jembatan paling ikonik di kota New York, AS. Jembatan tersebut menjadi salah satu tujuan turis dan lokasi pembuatan film.Jembatan Brooklyn, adalah jembatan paling ikonik di kota New York, AS. Jembatan tersebut menjadi salah satu tujuan turis dan lokasi pembuatan film. Foto: Ari Saputra


5. Jembatan Gateshead Millennium, Inggris

Jembatan Gateshead Millennium Inggris, (Foto ANDREW YATES/AFP/AFP/Getty Images via CNN)Jembatan Gateshead Millennium Inggris, (Foto ANDREW YATES/AFP/AFP/Getty Images via CNN) Foto: GABRIEL BOUYS/AFP/AFP/Getty Images via CNN

Gateshead Millennium adalah jembatan keren, merupakan jembatan pertama yang bisa miring pertama dan satu-satunya di dunia. Jembatan bisa bergerak miring untuk memberikan ruang bagi kapal di bawahnya lewat. Desainnya yang inovatif dan unik telah memenangkan banyak penghargaan sejak Ratu Elizabeth membukanya pada tahun 2002. Jembatan diturunkan ke tempatnya oleh crane terapung terbesar di Eropa - Asian Hercules II.

Tetapi hal yang paling menakjubkan tentang jembatan ini adalah jembatan untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda motor di Sungai Tyne ini tampak seperti mata yang berkedip saat setiap kali dinaikkan atau diturunkan. Lihat videonya di bawah ini:

[Gambas:Youtube]

6. Jembatan Tsing Ma Bridge: Hong Kong, China

Jembatan Tsing Ma Hong Kong (Johnny Lai/Creative Commons/Flickr via CNN)Jembatan Tsing Ma Hong Kong (Johnny Lai/Creative Commons/Flickr via CNN) Foto: GABRIEL BOUYS/AFP/AFP/Getty Images via CNN

Jembatan suspensi ini memiliki dua dek yang cukup untuk menampung kereta dan jalan umum. Jembatan dengan biaya USD 920 juta itu dibuka pada 1997. Di jembatan ada tempat perlindungan di dek bagian bawah untuk kendaraan yang tak mampu melawan arus angin.



Simak Video "Penampakan Jembatan Gantung di Sukabumi yang Putus, Kondisinya Memprihatinkan! "
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA