Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Mei 2020 18:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mungkin, Hanya di India Ada Profesi Pengantar Bekal

Syanti Mustika
detikTravel
dabbawala di mumbai
Foto: AFP
Jakarta -

Walau sekarang ada sistem delivery dari restoran, namun tidak ada yang bisa menggantikan profesi pengantar bekal ini. Profesi ini telah berumur lebih seabad. Kamu pernah menonton The Lunchbox yang dibintangi oleh aktor ternama India yang baru saja meninggal Irrfan Khan? Film yang bercerita tentang dua manusia yang terhubung karena salah kirim bekal makan siang ini begitu menarik untuk ditonton.

Selain jalan cerita dan aktor yang memerankannya piawai, yang paling menarik dalam The Lunchbox ini adalah jasa pengantar bekal makan siang, atau dikenal dengan nama Dabbawala.


Dabbawala membawa rantang makananDabbawala membawa rantang makanan Foto: Dabbawala Mumbai/ Facebook

Dirangkum detikcom, Dabbwala dalam bahasa India berarti pria pengantar bekal''. Kata ini berasal dari ''dabba'' yang artinya wadah penyimpanan.

Dalam film The Lunchbox kita dapat melihat bagaimana Dabbawala bertugas mengantar bekal makanan dari rumah penyewa jasa ke kawasan perkantoran atau mengantar kepada orang yang dituju. Jasa ini telah ada di Mumbai semenjak tahun 1890 lho.

Adapun ide awal jasa ini bermula dari seorang pekerja di daerah Persi yang ingin memakan masakan rumah di kantornya. Kemudian dia meminta seseorang untuk menjemput makanannya ke rumah dan mengantar ke kantornya.

Karena banyaknya peminat yang menggunakan jasa ini, seorang pria bernama Mahadeo Havaji Bachche menjadikan ini sebagai peluang usaha. Diapun membuat jasa pengiriman dengan mempekerjakan sekitar 100 pria untuk mengantar bekal dari rumah ke kantor.



Dabbawala di MumbaiDabbawala di Mumbai Foto: Dabbawala Mumbai/ Facebook

Setelah lebih dari 125 tahun, Dabbawala telah beranggotakan 5.000 orang dengan mengantarkan lebih dari 350.000 bekal setiap harinya. Dan satu orang dabbawala biasanya mebmawa 30-40 paket makanan

Pasti kamu penasaran kan, bagaimana para dabbawala membawa bekal sebanyak itu? Nantinya, Dabbawala akan mulai bekerja pada pukul 9 pagi dengan melapor ke stasiun yang dia tuju. Kemudian dia datang ke rumah penyewa dan mengambil bekal yang telah disiapkan dalam rantang.

Setelah mengumpulkan rantang-ratang tersebut, para Dabbawala akan bertemu dengan Dabbwala lain dan mengelompokannya berdasarkan lokasi yang dituju. Setelah dipilah, para Dabbawala akan berpencar dan mengantar bekal sesuai alamat.

Biasanya para dabbawala menggunakan sepeda atau kereta menuju tujuan pengiriman bekal. Saat di kereta kamu akan melihat susunan papan yang di atasnya terdapat puluhan bekal. Biasanya mereka mengantar ke kantor-kantor.

^M
^M
Foto: Dabbawala Mumbai/ Facebook


Tidak sekedar mengantar bekal makan siang saja, para dabbawala juga akan membawa rantang kosong dan mengantarnya kembali ke rumah penyewa jasa. untuk menghindari kesalahan dalam pengiriman, dabbawala punya sistem kode menggunakan warna dan kode stasiun serta kantor untuk setiap kotak makan.

Walau telah banyak jasa antar makanan yang lebih maju, eksistensi dabbawala tidak pernah pudar. Mereka dikenal sangat tepat waktu dan sigap. Padahal mereka berada di Mumbai yang terkenal semeraut dan hanya menggunakan kereta dan jasa angkutan umum lho.

Bahkan dalam studi yang dilakukan Harvard Business School pada tahun 2010 mengungkapkan dalam 6 juta transaksi hanya ada 1 kesalahan saja. Wow!

Sampai sekarang, warga Mumbai masih menggunakan jasa dabbawala untuk mengantarkan bekal makan siang mereka. Selain tepat waktu dan sigap, biaya jasa ini juga terhitung murah (sekitar USD 12-15 atau mulai Rp 180 ribuan perbulan) . Jadi dabbawala menjadi tetap menjadi pilihan utama para ibu rumah tangga mengantarkan bekal untuk para pekerja kantoran.








Simak Video "Aktor 'Life of Pi' Irrfan Khan Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA