Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Mei 2020 11:21 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Tangga Langit Warga di Puncak Gunung yang Pindah ke Apartemen

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Tangga Langit di Desa Atuleer Sichuan China
Tangga langit ke Desa Atule'er, China (Foto: CNN)
Zhaojue -

Penduduk desa ini tinggal di puncak gunung terpencil sudah selama 200 tahun. Sekarang, mereka berada di perumahan.

Diberitakan CNN, Selasa (19/5/2020), desa itu berada di puncak bukit setinggi 800 meter di China barat daya. Kampung itu sangat spesial--yang dalam prosesnya menjadi amat terkenal--karena kesulitannya untuk menjangkau desa tersebut.

Kendati hanya memiliki tinggi 800 meter, namun warga harus meniti tangga dengan kemiringan ekstrem di pinggir jurang. Desa itu adalah Dessa Atule'er, sebuah desa berusia 200 tahun di Provinsi Sichuan.

Desai itu menjadi perbincangan dunia setelah foto-foto yang terbit pada 2016. dari foto-foto itu menunjukkan anak sekolah menuruni tebing dengan menggunakan tangga rotan yang memprihatinkan. Tangga Langit, begitulah penduduk setempat menamai tangga itu.

Ya, tangga itulah yang menjadi satu-satunya jalan masuk ke Desa Atule'er itu. Bukan lima atau sepuluh menit untuk meniti tangga langit itu, namun warga Desa Atule'er harus mendaki selama dua jam.

Sudah begitu, warga harus membawa hasil pertanian menuruni tebing untuk dijual di pasar terdekat, yang jaraknya sangat yang jauh. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah setempat mengganti tangga buatan tangan mereka dengan tangga baja.

Tangga baja ini lebih layak dan bagus karena memiliki pegangan tangan. Perjalanan penduduk Desa Atule'er menuruni tebing pun semakin singkat.

Dalam prosesnya, penduduk telah dipindahkan ke kawasan perumahan perkotaan baru.

Baca juga: Dulu Mengerikan, Desa di Balik Tebing Ini Sekarang Kondang

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

BERITA TERKAIT
BACA JUGA