Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Mei 2020 13:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

10 Makhluk Hidup Tertua (Bagian I)

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Padang rumput laut, posidonia oceanica di Pulau Formentera, Spanyol
Padang rumput laut, posidonia oceanica di Pulau Formentera, Spanyol (Foto: CNN)
Jakarta -

Di tempat ini Anda akan melihat makhluk hidup tertua di Bumi. Di sini ada hewan hingga tumbuhan tertua.

Diberitakan CNN, apa-apa yang paling tua ini terdiri dari burung, hewan bercangkang, pepohonan hingga hutan laut. Apa saja, berikut daftar bagian pertamanya:

1. Herbal liar 3.000 tahun

Yareta atau llareta, gumpalan hijau terang yang menyerupai batu-batu besar yang tertutup lumut. Sebenarnya itu adalah semak berbunga yang berbentuk demikian agar tahan terhadap kondisi dataran tinggi Pegunungan Andes di Peru, Bolivia, Chili utara, dan Argentina barat.

Angin, suhu beku, dan kekeringan adalah keadaan yang tidak cocok untuk azorella compacta. Tumbuhan ini berkembang perlahan, satu meter dalam seabad.

Karena tingkat pertumbuhannya yang lambat, semak-semak terbesar diperkirakan telah berumur sekitar 3.000 tahun. Mengingat kepadatannya, semak ini dapat dengan mudah menopang berat manusia.

Yareta juga digunakan sebagai bahan bakar tradisional karena menyerupai gambut. Untungnya, pemerintah Amerika Selatan telah bersatu untuk melindungi spesies yang terancam punah.

Yareta atau llareta di Pegunungan AndesYareta atau llareta di Pegunungan Andes (Foto: CNN)

2. Pohon tunggal berumur 5.000 tahun

Methuselah, pohon pinus bristlecone di Pegunungan Putih California diperkirakan berusia 5.000 tahun. Inilah organisme non-kloning tertua di Bumi.

Nama pohon ini diambil dari seorang tokoh dalm Perjanjian Lama yang hidup pada 969 tahun lalu. Keberadaan rahasia ilmiah pinus longaeva dijaga ketat.

Anda dapat menjangkau rekan-rekannya yang juga kuno dan mungkin pohon itu sendiri pada jalur hiking Hutan Pinus Bristlecone Kuno dalam Hutan Nasional Inyo.

Methuselah, pohon pinus bristlecone di Pegunungan Putih CaliforniaMethuselah, pohon pinus bristlecone di Pegunungan Putih California (Foto: CNN)

3. Spons Antartika sekitar 15.000 tahun

Spons di daerah gunung berapi Antartika, anoxycalyx joubini, ini adalah gumpalan putih yang menyerupai tong bir raksasa atau gunung berapi mini.

Keberadaan mereka jadi penghias perairan dingin di sekitar McMurdo Sound. Perkiraan usia mereka didasarkan pada ukuran spons, yang hanya tumbuh sedikit setiap tahun.

Anoxycalyx joubini tumbuh subur di kedalaman dari 15-152 meter. Keberadaanya jadi rumah bagi krustasea kecil dan cacing hingga bintang laut.

Hanya penyelam scuba profesional yang dapat menjelajahi wilayah ini. Saat menyelam, mereka menggunakan pakaian ekstrem, seperti Polar Trec.

Spons Antartika, anoxycalyx joubiniSpons Antartika, anoxycalyx joubini (Foto: CNN)

4. Hutan berumur sekitar 80.000 tahun

Negara bagian Utah memiliki hutan yang terdiri dari hampir 50.000 pohon aspen. Seluruh hutan hanya ditumbuhi tumbuhan populus tremuloides yang identik secara genetik dan memiliki sistem akar tunggal.

Secara teknis, ini organisme tunggal. Anda dapat berkemah dan melihatnya di Hutan Nasional Fishlake.

Koloni hutan dimulai dari kloning individu jantan yang juga dikenal sebagai Pando. Perkembangannya mencapai 100 hektar.

Hutan Nasional FishlakePohon aspen di Hutan Nasional Fishlake (Foto: CNN)

5. Hutan laut berumur sekitar 200.000 tahun

Sebuah padang rumput laut yang memanjang 16 kilometer di dekat Spanyol memiliki peringkat sebagai organisme tunggal tertua yang ada di Bumi, menurut ahli genetika.

Posidonia oceanica, yang dikenal sebagai rumput Neptunus, adalah endemik Laut Mediterania. Tapi di dekat Pulau Formentera, ada koloninya sendiri seperti Pando, diperkirakan berusia 200.000 tahun.

Untungnya pulau itu adalah pulau terkecil di Spanyol dan tidak ramai seperti di dekatnya, Ibiza. Menyelam di sana akan disuguhi pengalaman hutan laut purba, dan pulaunya terdapat mercusuar juga gua.



Simak Video "Budaya Rumput Laut, Pamekasan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA