Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Mei 2020 21:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

10 Tempat di Mana yang Paling Tua Berada (Bagian II)

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Laysan, burung albatros
Burung albatros tertua, Laysan (Foto: CNN)
Jakarta -

Di tempat ini Anda akan melihat makhluk hidup tertua di Bumi. Di sini ada hewan hingga tumbuhan tertua.

Diberitakan CNN, apa-apa yang paling tua ini terdiri dari burung, hewan bercangkang, pepohonan hingga hutan laut. Apa saja, berikut daftar bagian keduanya:

6. Burung tertua 68 tahun

Burung tertua yang dikonfirmasi di dunia dan berada di alam liar, berusia 68 tahun. Burung ini sudah diberi label pada tahun 1956, yakni burung albatros bernama Laysan.

Burung ini telah terbang di jarak tiga juta mil jauhnya. Itu setara enam kali perjalanan PP ke bulan.

Tiap musim gugur ia akan terbang ke Suaka Margasatwa Nasional Midway Atoll untuk membesarkan anak-anaknya. Dia selamat dari tsunami dan menetaskan sekitar 30 hingga 40 telur di pulau itu.

Jonathan, kura-kura di Pulau St. HelenaJonathan, kura-kura di Pulau St. Helena (Foto: CNN)

7. Kura-kura 187 tahun

Jonathan, kura-kura yang tinggal di Pulau St. Helena, sebuah pulau kecil di Atlantik Selatan, lahir sekitar tahun 1832, lima tahun sebelum penobatan Ratu Victoria. Reptil raksasa ini telah hidup dalam periode 39 presiden AS.

Reptil itu berasal dari Seychelles di Samudra Hindia. Ia pindah ke Atlantik sebagai hadiah bagi gubernur St. Helena pada tahun 1882. Sejak saat itu dia berkeliaran di sana ditemani tiga kura-kura raksasa lainnya.

Mawar Seribu Tahun di Gereja St. Mary, HildesheimMawar Seribu Tahun di Gereja St. Mary, Hildesheim (Foto: CNN)

8. Bunga Mawar 1.200 tahun

Punya perayaan Mawar Seribu Tahun, semak bunga mawar yang menjulang tinggi di Jerman ini diperkirakan telah ditanam oleh Raja Louis the Pious pada tahun 815.

Tumbuh ini ada didedikasikan untuk Gereja St. Mary di Hildesheim. Desa abad pertengahan yang indah ini terkenal karena gereja-gereja kunonya.

Meski ada bom sekutu selama Perang Dunia II yang meruntuhkan gereja, tapi pohon bunga mawar yang dikenal Canina Rosa juga Dog Rose selamat, berkembang hingga sekarang, tumbuh hingga lebih dari sembilan meter.

Anda dapat mengunjunginya kapan pun. Tapi, akhir Mei dan awal Juni adalah waktu terbaik untuk melihat mekarnya bunga berwarna pink.

Pohon tin atau ara atau pohon Jaya Sri Maha BodhiPohon tin atau ara atau Jaya Sri Maha Bodhi (Foto: CNN)

9. Pohon Tin atau Ara 2.300 tahun

Pohon tin atau ara yang jadi tempat Siddhartha Gautama mendapat pencerahan sudah lama hilang. Tapi potongannya, yang dibawa oleh seorang pemuja kerajaan ke Sri Lanka sekitar 250 SM, telah tumbuh menjadi salah satu pohon paling dihormati di umat Buddha India.

Pohon tertua ini dikenal karena penanamannya tercatat dalam sejarah. Pohon Jaya Sri Maha Bodhi, Ficus religiosa jadi magnet para umatnya selama berabad-abad.

Gajah pernah merusaknya dan kelompok separatis Tamil mengepungnya, namun pohon itu masih ada. Kini, pezirarah terus berdatangan duduk di dalam taman berhias kanal, pagar emas, stupa dan pohon Bodhi muda di Taman Mahamewna, Anuradhapura, Sri Lanka.

Pohon zaitun di Pulau CretePohon zaitun di Pulau Crete (Foto: CNN)

10. Pohon Zaitun 2.500 tahun

Tidak diketahui apakah pohon zaitun ini ditanam atau tumbuh sendiri antara 2.000-3.000 tahun lalu. Pohon ini ada di Pulau Crete, Mediterania.

Hingga hari ini, pohon zaitun itu masih menghasilkan buah tahunan meski batang utama sudah begitu keriput. Lokasinya ada di Desa Vouves.

Pohon zaitun di Vouves kini memiliki museum yang menyoroti teknik panen zaitun tradisional Crete. Dulunya pulau ini jadi pusat peradaban Minoa yang berkembang di zaman kuno dari perdagangan minyak zaitunnya.



Simak Video "Santuy Abis! Momen Unik Kura-kura Tertidur di Dalam Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA