Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Jun 2020 19:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Usai 25 Tahun Tenggelam, Desa Kuno Italia Bakal Muncul Lagi

Putu Intan
detikTravel
Lake Vagli, the ruins of Fabbriche di Careggine, a ghost town submerged beneath the waters of Lake Vagli which emerges every ten years when the lake is cleaned for maintenance work.
Desa Fabbriche di Careggine. (Foto: Getty Images/Atlantide Phototravel)
Lucca, Tuccany, Italia -

Desa kuno di Italia yang sudah puluhan tahun tenggelam disapu banjir akhirnya bakal muncul lagi ke permukaan. Fenomena langka ini amat dinantikan terutama bagi wisatawan.

Dikutip dari Lonely Planet, Desa Fabbriche di Careggine yang terletak di Provinsi Lucca, Tuccany, Italia merupakan sebuah desa yang sudah terbengkalai sejak 1947. Desa yang dulunya menjadi rumah bagi ratusan warga itu tenggelam setelah dilanda banjir besar dari Danau Vagli yang letaknya tak jauh dari pembangunan dam Sungai Edron.

Semenjak kejadian itu, warganya pun meninggalkan desa tersebut. Uniknya, desa ini sempat beberapa kali muncul karena air danau yang mengering. Peristiwa itu terjadi beberapa kali pada 1958, 1974, 1983, dan 1994.

Nah kabar baiknya, dalam waktu dekat wisatawan dapat melihat lagi fenomena munculnya danau ini. Menurut organisasi yang mengelola kawasan dam tersebut, Enel, pihaknya akan mengosongkan Danau Vagli 2021.

"Mengeringkan danau mungkin dapat meningkatkan pariwisata di wilayah ini. Karena siapa yang bisa melewatkan kesempatan untuk melihat kota bersejarah seperti ini?," ujarnya dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan Enel itu ada benarnya sebab menurut Visit Tuscany, dalam kondisi normal, desa tersebut diselimuti 34 juta kubik air yang membuatnya mustahil untuk dilihat. Jadi, jika desa ini muncul kembali tentu akan menjadi momen langka dan bersejarah.

Sebelumnya pada 2016, Danau Vagli sempat akan dikeringkan namun tidak jadi dilaksanakan karena sejumlah faktor.

Lebih lanjut Enel menjelaskan bahwa pengeringan danau yang akan dilaksanakan tahun depan itu juga bertujuan untuk membersihkan danau. Mereka juga akan meluncurkan proyek untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan dalam bentuk pembukaan kembali situs-situs, mendirikan museum yang berfokus pada sejarah lokal, dan pembangunan kembali lingkungan alam di Italia.



Simak Video "Serie A Lanjut Lagi 20 Juni, Coppa Italia Seminggu Lebih Awal"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA