Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Jun 2020 15:24 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Hebat, Selandia Baru Bebas COVID-19

Deutsche Welle (DW)
detikTravel
dw
Jacinda Ardern Foto: Getty Images
Auckland -

Senin (08/06), Kementerian Kesehatan Selandia Baru umumkan tidak ada kasus kasus positif Covid-19 di negara tersebut. Satu kasus terakhir, yakni seorang perempuan asal Auckland berusia di atas 50 tahun, telah bebas dari gejala Covid-19 selama 48 jam terakhir dan telah dinyatakan sembuh. Dia pun telah diperbolehkan meninggalkan fasilitas isolasi.

Tentunya kabar ini menjadi "berita yang sangat baik" dan menjadi sebuah pencapaian bagi Selandia baru, ungkap Dirjen Kesehatan Kementerian Kesehatan Selandia Bari Ashley Bloomfield dilansir kantor berita DPA.

"Tidak memiliki kasus baru sejak 28 Februari merupakan pencapaian terbesar dalam perjalanan kami, tapi tentu saja seperti yang kami sampaikan sebelumnya kewaspadaan akan Covid-19 tetap menjadi yang utama," ujar Bloomfield.

Ini merupakan hari ke-17 sejak kasus positif Covid-19 terakhir dilaporkan di Selandia Baru.

Tak lama setelah pengumuman tersebut, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengumumkan akan mencabut semua pembatasan namun tetap akan melakukan kontrol ketat di perbatasan negara. Pencabutan larangan akan diberlakukan pada Senin (08/06) tengah malam.

"Tujuan kita adalah keluar dari situasi ini secepat dan seaman yang kita bisa. Ke kondisi di mana perbatasan jadi garis pertama pertahanan tetapi semua aturan dan pelarangan saat ini yang berlaku di bisnis dan jasa dicabut," jelas Ardern.

"Hari ini, setelah 75 hari, kita siap," sambung Ardern.

Kegiatan publik maupun pribadi sudah dapat dihelat tanpa adanya pembatasan. Sementara sektor ritel dan perhotelan sudah dapat kembali beroperasi normal seperti sedia kala, begitu juga dengan semua transportasi publik.

Tembus tujuh juta kasus

Meskipun tidak akan ada lagi persyaratan pembatasan fisik dan orang berkumpul, Ardern tetap mengingatkan warga Selandia Baru untuk selalu waspada akan pandemi virus corona.

"Kita hampir pasti akan melihat kasus demi kasus di sini lagi. Itu bukan pertanda kita telah gagal, ini adalah kenyataan dari virus ini," tambahnya.

Hingga Senin (08/06), berdasarkan laman resmi John Hopkins Coronavirus Resource Center, kasus positif Covid-19 di Selandia Baru telah mencapai angka 1.504 kasus dengan 22 kasus kematian.

Sementara, total kasus positif Covid-19 di seluruh dunia sedikitnya telah mencapai angka tujuh juta kasus dengan Amerika Serikat, Brasil, dan Rusia sebagai tiga negara dengan kasus positif terbanyak. Dari angka tersebut, tercatat ada lebih dari 402 ribu kasus kematian.

rap/pkp (dpa, Reuters)



Simak Video "Gelombang Kedua Corona Berhasil Dilalui Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(ita/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA