Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Jun 2020 12:48 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Sudah Pernah Dengar Ada Negeri Cerobong Peri?

Bonauli
detikTravel
Pemandangan cantik Cappadocia dari Hotel Millstone di Uchisar, Turki
Cappadocia, Turki (Rois Jajeli/detikcom)
Cappadocia -

Kalau bicara wisata balon udara, traveler pasti langsung ingat Cappadocia. Di samping itu, Cappadocia juga punya julukan lain, negeri Cerobong Peri.

Cappadocia terletak di Provinsi Nevsehir, Turki. Kota ini sudah ada sejak lebih dari 3.000 tahu lalu oleh Bangsa Het dari Kerajaan Hitties.

Sudah ada sejak peradaban kuno, membuat wajah Cappadocia begitu unik. Struktur kotanya tak bisa dan sangat indah jika dilihat dari ketinggian dari atas balon udara.

Tak hanya indah, kalau diperhatikan bentuk kota Cappadocia mirip dengan sarang semut atau disebut juga cerobong peri. Cerobong peri atau hoodoo ini sebenarnya adalah gua-gua tempat perlindungan alam.

rumah tradisional di dalam gua baturumah tradisional di dalam gua batu Foto: (Rois Jajeli/detikTravel)


Masyarakat setempat menyebutnya sebagai hoodoo. Hoodoo terbentuk karena gejala alam. Material vulkanik sekitar sembilan sampai 3 juta tahun yang lalu membetuknya secara alami.

Cappadocia juga diterpa angin dan hujan sehingga erosi membantu pembentukan kota ini secara alami. Cerobong peri ini menjadi salah satu atraksi Cappadocia untuk wisatawan.

Selain Hoodoo, Cappadocia juga punya kota tersembunyi. Ya, Cappadocia punya kota bawah tanah yang dipahat dari batu. Kota bawah tanah dulunya digunakan sebagai tempat perlindungan umat kristen saat masa romawi.

Pemandangan cantik Cappadocia dari Hotel Millstone di Uchisar, TurkiPemandangan cantik Cappadocia dari Hotel Millstone di Uchisar, Turki Foto: Rois Jajeli



Karena digunakan sebagai tempat persembunyian, kota ini punya banyak jebakan. Ada batu-batu besar yang digunakan untuk menutup pintu dari dalam terowongan.

Terowongan juga berfungsi sebagai jebakan. Saat ada musuh, mereka akan berada di terowong sempit untuk memudahkan penyerangan.

Belum lagi lava yang berasal dari gunung berapi. Hasilnya ada lekukan-lekukan indah yang dibuat oleh alam khusus untuk Cappadocia.

Keindahan inilah yang membuat Cappadocia masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Bagai negeri dongeng di dunia nyata, Cappadocia memang sangat menawan.



Simak Video "Melihat Pesona Alam Cappadocia saat Menaiki Balon Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA