Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Jun 2020 12:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Fakta Papua Nugini yang Katanya Mau Didatangi Gary Neville

Bonauli
detikTravel
Pantai di Papua Nugini
Papua Nugini (fahmi salama/d'Traveler)
Port Moresby -

Gary Neville berjanji untuk terbang ke Papua Nugini jika Liverpool juara. Jadi tetangga Indonesia, ini fakta-fakta menarik tentang Papua Nugini.

Papua Nugini memilih Port Moresby menjadi ibukotanya. Punya luas 462.840 km persegi, Papua Nugini adalah negara terbesar kedua di Osenia setelah Australia.

Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang Papua Nugini yang mau didatangi oleh Gary Neville karena Liverpool juara:


1. Bahasa terbanyak dunia


Indonesia memang punya ragam kultur daerah yang menarik, Papua Nugini pun demikian. Punya populasi sekitar 7 juta jiwa, Papua Nugini resmi menyandang gelar negara dengan bahasa terbanyak dunia.

Papua Nugini punya sekitar 1.000 suku adat dan 820 bahasa daerah yang digunakan. Jumlah ini merupakan 12 persen dari seluruh bahasa yang ada di dunia.

2. Kerang sebagai mas kawin

Sebelum resmi menjadi sebuah negara, Papua Nugini menggunakan kerang laut sebagai mata uang. Namun sejak tahun 1933, mata uang Kina resmi digunakan

Namun populasi yang tinggal di kota hanya 18 persen saja, sisanya di pelosok. Sehingga kerang laut masih dijadikan sebagai barang yang bernilai.

Cangkang kerang laut akan digunakan sebagai mahar untuk meminang pengantin wanita. Selain cangkang kerang, ada juga babi, kasuari dan mata uang resmi.


3. Masyarakat


Menurut penelitian, masyarakat Papua Nugini sudah menetap sejak 50.000 tahun yang lalu. Mereka menyebar dan tinggal di pedalaman untuk menjaga keaslian suku mereka.

4. Burung beracun


Tak cuma ragam bahasa, Papua Nugini juga punya keunikan yang tak dimiliki oleh negara lain, burung beracun. Burung ini bernama Hooded Pitohui.

Meski beracun, burung ini juga memiliki suara indah yang membuatnya masuh dalam kumpulan burung penyanyi. Tapi jangan coba-coba untuk menangkapnya, kamu bisa keracunan.

Burung berwarna jingga dan hitam ini memiliki kandungan senyawa batrachitoxin di kulit, bulu dan jaringan lainnya. Kalau kena racunnya, kamu bisa mengalami gagal jantung.

5. Negara Agraris



Masyarakat PNG sudah mengenal cocok tanam sejak lima ratus sampai enam ratus ribu tahun lalu. Hal ini terbukti dengan ditemukannya situs pertanian kuno Kuk yang terletak di datarang tinggi PNG.

Situs tersebut memiliki saluran pengairan yang diduga berumur sepuluh ribu tahun oleh peneliti. Katanya, tanaman pisang menjadi yang pertama ditanam dalam awal-awal masa cocok tanam.

Bagaimana Gary Neville, sudah siap untuk mengarungi alam Papua Nugini?





Simak Video "Mantan PM Papua Nugini Ditangkap"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA