Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Jul 2020 13:01 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Di Tengah Pandemi, Pantai La Perouse Sydney Sepi

Hanifah Kusumawati
detikTravel
Pantai La Perouse di Sydneys
Foto: (Hanifah Kusumawati/d'traveler)
Jakarta -

Pantai La Perouse Sydney terkenal karena keindahannya. Saat corona mewabah pantai ini sangat sepi tapi tetap indah.

Bila kita mengingat adegan salah satu Tom Cruise di film Mission Impossible II, akan terlihat keindahan Pantai La Perouse, tepatnya berada di tanjung utara Botany Bay, pinggiran kota di Sydney tenggara, di negara bagian New South Wales, Australia.

Asal mula nama La Perouse ini dinamai oleh seorang navigator Perancis yang bernama Jean-Francois de Galaup, comte de Lap rouse yang mendarat di pantai utara Botany Bay di barat Pulau Bare pada 26 Januari 1788.

Kapten Arthur Phillip dan armada pertama narapidana telah tiba di Botany Bay beberapa hari sebelumnya. Louis XVI dari Perancis telah menugaskan Lapérouse untuk menjelajahi Pasifik.



Tepatnya bulan Maret tahun ini, kami pergi mengunjungi pantai La Perouse yang menempuh jarak sekitar 28.0 km, selama 41 menit bila dari suburb Birrong yang menggunakan mobil pribadi.

Kami berkunjung ke sana untuk mencari udara segar dan berolahraga di tengah masa pandemi virus corona atau covid-19 di Australia. Pemerintah Australia saat itu memberikan kelonggaran peraturan kepada penduduknya untuk berolahraga dan tetap harus menjalankan social distancing di sekitar taman, dan pantai. Akan tetapi, pengunjung tidak dibolehkan untuk berenang, berjemur, scuba diving atau snorkeling.

Untuk pergi ke pantai ini tidak dipungut biaya sama sekali. Sesampainya di pantai La Perouse, terlihat beberapa orang mengunjungi pantai ini untuk berolahraga, seperti jogging, atau jalan santai bersama keluarga, dan teman.

Udaranya benar-benar bersih, segar, beserta semilir angin yang sepoi-sepoi, dan terik matahari yang membuat tubuh terasa sehat karena masa pandemi ini tubuh kita membutuhkan sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D. Kami pun tak lupa untuk selalu social distancing terhadap pengunjung pantai yang lain.

Laut La Perouse sangat indah berwarna biru, bersih dan jernih. Banyak burung-burung bertebangan di sekitarnya. Kalian bisa melihat ada beberapa kapal, seperti kapal kargo dan speedboat. Dan yang menjadi lokasi adegan aksi Tom Cruise mengendarai sepeda motor yaitu di atas jembatan Bare Island Fort La Perouse.

Bangunan di sekitar Bare Island Fort La Perouse adalah bekas bangunan peninggalan perang dunia kedua. Ada juga bangunan Menara batu segi delapan yang kalian bisa temui di sana. Menara ini dibangun pada tahun 1820-1822 sebagai akomodasi untuk penjaga kecil tentara yang ditempatkan di sana untuk mencegah penyelundupan.

Selain itu, ada Museum La Perouse yang menyimpan beberapa dokumentasi ekspedisi penjelajah Perancis Comte de Lapérouse. Sayangnya museum La Perouse ini ditutup karena situasi masa pandemi covid-19.

Bila merasa haus dan lapar, jangan khawatir karena di sekitar pantai terdapat restoran dan cafe. La Perouse merupakan destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi bagi turis domestik dan mancanegara jika masa pandemi ini sudah berakhir pastinya.



Simak Video "Tambah 3.989, Total Kasus Positif Covid-19 di RI Jadi 244.676"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA