Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Jul 2020 06:49 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

'Mata Dewa' dari Bulgaria

Tim Detikcom
detikTravel
Young Woman with rise arms looks up to the eyes in the rocks.
Gua Mata Dewa di Sofia, Bulgaria (iStock)
Jakarta -

Ada yang menarik dari sebuah gua yang berada di Bulgaria. Di langit-langit terdapat dua lubang yang menyerupai mata.

Fenomena unik itu bisa ditemukan di Gua Prohodna di Bulgaria. Di langit-langitnya, terdapat lubang yang kemudian dinamai dengan 'The Eyes of God', Mata Dewa.

Dilihat di situs resmi Offical Tourism Portal of Bulgaria, Gua Prohodna itu berjarak sekitar 112 km dari Sofia, ibukota negara Bulgaria. Tepatnya, masuk dalam kawasan Iskar Gorge, 2 km dari Desa Karlukovo di Provinsi Lovech yang berada di bagian utara Bulgaria.


Gua Prohodna merupakan gua karst, dengan rangkaian yang mencapai panjang 262 meter. Bagian dalamnya cukup luas, dengan tinggi gua mencapai 35-45 meter. Saat menjelajahi bagian dalam guanya, perhatikanlah langit-langitnya.

Young Woman with rise arms looks up to the eyes in the rocks. 'Mata Dewa' dari Bulgaria Foto: (iStock)

Di tengah-tengah gua, terdapat dua lubang besar di bagian langit-langitnya. Dua lubang yang bentuknya mirip dan uniknya terlihat seperti sepasang mata!

Dua lubang tersebut pertama kali diketahui oleh masyarakat setempat dan beberapa ahli speleologi kala melakukan penelusuran ke Gua Prohodna di tahun 1962. Sejak saat itu, orang-orang yang berdatangan ke sana menyebutnya sebagai 'The Eyes of God' alias mata dewa.


Ada beberapa waktu-waktu khusus, saat mata dewa ini terlihat lebih mengagumkan. Pertama saat bulan purnama, dengan posisi bulan tepat di bagian tengah salah satu matanya dan terlihat benar-benar seperti mata manusia saja. Kedua saat hujan turun, yang terlihat seperti sedang menangis.

Young Woman with rise arms looks up to the eyes in the rocks. Bbungee jumping tepat di bagian mata dewa. (Foto iStock)


Traveler pun diizinkan untuk menjelajahi Gua Prohodna dan bebas memotret mata dewa itu. Tidak ada tiket masuk ke dalamnya, hanya saja harus mendaftar terlebih dulu ke Peter Tranteev National Speleological Society di Desa Karlukovo sebagai pengelola guanya.

Gua Prohodna dapat dikunjungi sepanjang tahun. Letaknya yang berada di Bulgaria, mungkin membuat destinasi wisata ini jarang dilirik orang. Tapi kalau sudah ke sana, dijamin orang-orang lain akan penasaran kala Anda memotret dari dekat, 'The Eyes of God'.

Satu lagi yang menarik, di sana traveler dapat mencoba bungee jumping tepat di bagian mata dewa. Siap-siap teriak, dari ketinggian 30-an meter ke bawah ke bagian dalam gua. Berani? Yuk, terbang ke Bulgaria setelah pandemi COVID-19 usai.



Simak Video "Bulgaria Luncurkan Sensor Gerak Pintar Bertekologi Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA