Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Jul 2020 20:09 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Wisata Bangunan Bersejarah Istanbul yang Tak Jauh dari Hagia Sophia

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Masjid Sultan Ahmed yang ikonik dan lebih dikenal sebagai Masjid Biru terlihat sepi imbas lockdown di tengah pandemi Corona dan bulan Ramadhan 1441 H. Hal itu dilakukan oleh pemerintah Turki guna menekan penyebaran virus Corona. Semua kegiatan keagamaan yang mengumpulkan banyak orang untuk sementara waktu ditiadakan.
Foto: Masjid Biru (AP/Emrah Gurel)
Istanbul -

Hagia Sophia baru saja diresmikan menjadi masjid. Walaupun begitu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membolehkan semua wisatawan baik muslim maupun nonmuslim berkunjung.

Selain Hagia Sophia pun, masih banyak bangunan-bangunan bersejarah Turki yang kini dijadikan tempat wisata. Dikutip dari berbagai sumber inilah 5 wisata yang berlokasi tak jauh dari Hagia Sophia.

1. Istana Topkapi

Istana Topkapi berlokasi satu kompleks dengan Hagia Sophia. Bangunan ini merupakan tempat tinggal kekhalifahan Ottoman selama hampir 400 tahun.

Istana ini menyimpan berbagai peninggalan Nabi Muhammad SAW, sahabat dan keluarganya. Ada pula sejumlah barang penting yang melekat di Kakbah pada zaman dahulu. Saat musim semi, pemandangan bunga tulip terhampar di kanan dan kiri, membuat perjalanan wisatawan tak terlupakan.

Istana TopkapiIstana Topkapi Foto: (iStock)

2. Masjid Biru

Masjid Sultan Ahmed juga berada satu komplek dengan Hagia Sophia dan Istana Topkapi, seringkali bangunan indah ini disebut Masjid Biru. Dekorasi berwarna biru mendominasi atap kubah raksasa masjid dengan 6 menara yang menjulang tinggi..

Masjid Biru tampak mencolok dari tepi dermaga yang memisahkan antara Turki di Benua Asia dan Benua Eropa. Setiap sisi halaman masjid meninggalkan kisah sejarah yang tak ada habisnya, berbagai acara keagamaan dan kekaisaran digelar di sini.

Turis yang masuk ke masjid tidak akan mengganggu rumah ibadah umat islam ini. Ada pembatas yang dikhususkan bagi pendatang yang ingin shalat. Rasa saling menghormati terjaga dengan baik di masjid ini.

Masjid Sultan Ahmed yang ikonik dan lebih dikenal sebagai Masjid Biru terlihat sepi imbas lockdown di tengah pandemi Corona dan bulan Ramadhan 1441 H. Hal itu dilakukan oleh pemerintah Turki guna menekan penyebaran virus Corona. Semua kegiatan keagamaan yang mengumpulkan banyak orang untuk sementara waktu ditiadakan.Masjid Sultan Ahmed yang ikonik dan lebih dikenal sebagai Masjid Biru terlihat sepi imbas lockdown di tengah pandemi Corona dan bulan Ramadhan 1441 H. Hal itu dilakukan oleh pemerintah Turki guna menekan penyebaran virus Corona. Semua kegiatan keagamaan yang mengumpulkan banyak orang untuk sementara waktu ditiadakan. Foto: AP/Emrah Gurel

3. Basilika Cistern

Bangunan bersejarah lainnya di Istanbul yaitu Basilika Cistern. Bangunan ini mencakup wilayah seluas 9.800 m2 yang ditopang oleh 336 tiang dengan 12 baris.

Pada abad ke-6, Basilika Cistern merupakan tempat persediaan air. Dibangun oleh Kaisar Justinianus, kedalamannya mencapai 70 m dengan panjang 150 m. Tempat ini dikelilingi oleh dinding setebal 4 m. Air yang terdapat di bangunan ini berasal dari hutan Beogard yang letaknya 19 km dari kota Istanbul.

Berlokasi hanya sekitar 58 m dari Hagia Sophia, dari pintu masuk Basilica Cistern, wisatawan akan menuruni tangga dengan ruangan yang cukup gelap. Sesampainya di bawah, akan ada tiang-tiang penyangga dengan kolam penampungan air di sekitarnya.

Basilika CisternBasilika Cistern Foto: (Getty Images/iStockphoto/guvendemir)

4. Grand Bazaar Istanbul

Bagi travelers yang suka belanja, Grand Bazaar Istanbul bisa menjadi tujuan saat berkunjung ke Turki. Grand Bazaar dinobatkan sebagai pasar tertua dan terluas di dunia lho.

Pasar ini telah dibangun sejak tahun 1461 atas perintah Sultan Mehmed II, Raja Turki yang kala itu berkuasa. Lokasinya di kompleks kota Istanbul yang juga tak jauh dengan Masjid Biru dan Hagia Sophia.

Grand Bazaar di Turki.Grand Bazaar di Turki. Foto: (weka.gunawan/d'Traveler)

5. Menara Galata

Bangunan ini merupakan salah satu menara yang tertinggi di Istanbul. Selain indah, menara yang berlokasi 3,5 km dari Hagia Sophia ini pun menyimpan ribuan sejarah.

Memiliki tinggi 66.9 meter, Menara Galata sudah berdiri lebih dari 600 tahun yang lalu. Menara ini pertama kali beroperasi tahun 1348 pada masa kekaisaran Romawi, menguasai wilayah kota yang dahulu dinamai Konstantinopel.

Pada tahun 1965, pemerintah setempat merenovasi bangunan ini dan dibuka untuk wisatawan. Interior menara yang dahulu terbuat dari kayu diubah menjadi beton. Namun, tak banyak perubahan pada tampilan luar menara.

menaraMenara Galata Foto: (Kurnia/detikTravel)


Simak Video "Bahagianya Warga Turki Bisa Jumatan di Masjid Hagia Sophia"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA