Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Jul 2020 13:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Namanya Pulau Senja, tapi Bukan di Indonesia

Bonauli
detikTravel
Pulau Senja di Norwegia
Pulau Senja (Getty Images/iStockphoto)
Senja -

Senja dan sunset menjadi waktu favorit traveler saat bepergian, mengambil foto dan meluapkan romantisme. Tapi di negara ini ada Pulau Senja yang keunggulannya bukan matahari terbenam.

Senja adalah pulau terbesar kedua di Norwegia. Senja bisa ditempuh dari Oslo selama dua jam perjalanan menggunakan pesawat dengan tujuan Andenes dan dilanjutkan enam jam perjalanan menggunakan mobil.

Pulau Senja dihuni oleh sekitar 5.000 penduduk. Pulau Senja memiliki kontur perbukitan dan pegunungan. Ini mengapa Senja sering jadi tempat hiking favorit oleh penduduk setempat.

Kalau di Indonesia mungkin nama pulau ini diberikan untuk matahari terbenamnya yang indah. Tapi di Norwegia, Pulau Senja jadi salah tempat terindah di bumi untuk melihat aurora.

Pulau Senja di NorwegiaPulau Senja di Norwegia Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Aurora adalah atom-atom dan molekul yang bersatu dan bertumpuk di udara yang terhisap oleh magnet Bumi di sekitar kutub utara dan selatan. Fenomena ini hanya terjadi di wilayah sekitar Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Kebalikan dari midnight sun, aurora bisa dinikmati saat musim dingin tiba. Waktu terbaik untuk menyaksikan aurora adalah September sampai Maret. Aurora akan terlihat mulai pukul 20. waktu setempat.

Aurora muncul jika langit bersih tanpa polusi. Cahaya hijau, biru dan keunguan terus berpendar di langit membius siapa pun yang melihatnya. Lembayung Senja, ah indahnya!

Pemerintah Norwegia begitu bangga dengan Pulau Senja. Selain dua fenomena alam yang tak dimiliki banyak negara, Pulau Senja juga didukung dengan pemandangan alam yang dramatis.

Pulau Senja di NorwegiaPulau Senja di Norwegia Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Laut yang cantik, pasir putih yang di kelilingi pegunungan dan kehidupan satwa liar membuat nama Senja semakin harum di antara wisatawan.

Beberapa traveler blogger memuji keindahan Senja mirip dengan Indonesia! Wah, bukan cuma namanya saja yang ke-Indonesiaan.

Beberapa operator wisata dari Visit Senja menjual paket wisata berburu Aurora. Paketnya 3 hari 2 malam, menginap di rumah khusus di atas tebing untuk melihat Aurora dengan maksimal.

Andai belum cukup uang untuk terbang ke Norwegia, traveler bisa kok melipir ke Pulau Senja di Sulawesi Tenggara.



Simak Video "InstaTalk!: Menyaksikan Fenomena Midnight Sun di Norwegia"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA