Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Jul 2020 22:08 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Saat Ada Midnight Sun, Apakah Orang Norwegia Libur?

Bonauli
detikTravel
Midnight Sun di Norwegia
Pemandangan Norwegia (Ruswandi/Istimewa)
Tromso -

Tidak seperti di Indonesia, matahari bisa bersinar 24 jam selama 2 bulan di Norwegia. Fenomena alam ini disebut fenomena Midnight Sun. Rupanya fenomena ini berdampak sampai pada lingkungan kerja.

Kota Tromso, Norwegia terlihat cerah karena fenomena Midnight Sun. Ruswandi Karlsen, seorang Indonesia di tanah Norwegia berbagi keindahan Midnight Sun bersama detikcom lewat Live Instagram. Matahari terlihat masih menggantung di cakrawala, padahal jam sudah menunjukkan pukul 20.00 waktu Norwegia. Tapi kenyataannya malah mirip pukul 15.00 WIB.

Dari layar terlihat jelas aktivitas orang-orang di Kota Tromso. Mereka seperti sedang menikmati siang hari saja. Ada yang bermain sepeda, sekedar jalan-jalan bahkan menikmati matahari di bangku-bangku kota.

Midnight Sun di NorwegiaMidnight Sun di Norwegia Foto: (Ruswandi/Istimewa)

"Ya kaya gini kalau Midnight Sun, orang-orang Eropa cinta dengan matahari," ujarnya sambil tersenyum.

Midnight Sun muncul di pertengahan Mei hingga pertengahan Juli. Musim panas, katanya lembut. Meski hanya dua bulan, musim panas ini benar-benar dimanfaatkan oleh orang-orang Norwegia.

"Nah karena cinta matahari, biasanya orang-orang Nowegia itu berebutan minta cuti saat Mei dan Juli," katanya.

Andi menjelaskan bahwa 2 minggu sebelum fenomena ini biasanya orang-orang kantor sudah meminta cuti. Saat Midnight Sun datang, mereka tengah asyik liburan liburan ke negeri lain. "Tapi karena sedang pandemi orang-orang liburan di dalam negeri. Biasanya mereka kemah atau hiking," tandasnya mantap.

Kalau semua cuti, bagaimana dengan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan publik? Contohnya saja transportasi. "Ini dia, kalau Midnight Sun banyak yang cuti jadi jadwal pelayanan umum biasanya dipersingkat. Misalnya kalau layanan bus jadi lebih sedikit," jelasnya.

Namun cuti di masa Midnight Sun tak selalu mudah. Karena banyak sekali yang mengajukan cuti, biasanya perkantoran memberlakukan cuti bergiliran dari tahun sebelumnya. "Biar kebagian semua, misalnya yang kemarin sudah ambil cuti pas awal Midnight Sun, sekarang jadi di akhir," cerita Andi.

Norwegia sendiri sangat memanusiakan manusia dalam setiap peraturannya. Untuk tiap orang yang bekerja di sana akan mendapat cuti 5 minggu setiap tahun dan bisa diambil kapan saja.

"Untuk urusan hak dan kewajiban di Norwegia sangat disiplin. Semua masuk dalam sistemnya dan aturan mainnya jelas," sambungnya.

[Gambas:Video 20detik]



(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA