Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Agu 2020 16:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Segarnya Air Terjun Kuang Si di Luang Prabang

Leni Ellitan
detikTravel
Kuang Si Waterfalls, Luang Phrabang, Laos.
Air terjun Kuang Si di Luang Prabang (iStock)
Jakarta -

Air Terjun Kuang Si di selatan Luang Prabang, Laos menjadi destinasi favorit wisatawan lokal dan asing. Pas untuk wisata petualangan.

Walaupun banyak traveler yang sudah mengulas tentang Air Terjun Kuang Si, namun saya yakin bahwa traveler akan memiliki sensasi yang berbeda ketika mengunjunginya. Penjelajahan ke Luang Prabang juga tidak akan lengkap tanpa mengunjungi air terjun Kuang Si.

Air Terjun Kuang Si, yang terletak sekitar 29 kilometer ke Selatan Luang Prabang, telah menarik perhatian para pengunjung untuk mencari keindahan yang tenang dari air terjun bertingkat tiga yang terletak di hutan tropis yang rimbun. Air Terjun Kuang Si, dikenal sebagai Tat Kuang Si, dianggap memiliki view terindah di seluruh negeri.

Dari ketinggian 50 meter, air jatuh ke serangkaian kolam dangkal sebelum mengalir ke hilir ke sungai hutan. Selama bertahun-tahun mengalir di atas bebatuan, Air Terjun Kuang Si telah mengukir garis dalam di bebatuan yang membuat pola travertine yang indah.

Harmoni antara birunya air kristal dan hijaunya hutan yang menghijau melukiskan pemandangan indah kolam renang di langit. Menghabiskan satu hari perjalanan ke luar kota, kita tidak akan pernah melupakan pengalaman bersantai menikmati keindahan Kuang Si.

Jika kita adalah orang yang suka berpetualang, pasti akan mencoba melompat ke dalam kolam dengan cara mengayunkan tali yang diikat di pohon. Laos memiliki budaya konservatif sehingga kita harus mengganti pakaian renang yang sesuai jika perlu.

Aktivitas berharga lainnya untuk menikmati alam pedesaan yang mempesona adalah mendaki ke puncak meskipun medannya agak sulit. Pemandangan tak terhalang yang memukau dari atas memberikan kesempatan untuk melarikan diri dari keramaian dan tenggelam dalam aliran air mengalir yang damai, hutan yang menawan dan banyak reptil, jamur, dan bunga di sepanjang jalan.

Pejalan membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mendaki ke pemandangan Air Terjun Kuang Si yang paling epik. Sedikit trik mendaki adalah mendaki dengan jembatan kayu kiri dan turun melalui jalur kanan yang licin, curam dan bebas tangga.

Meskipun ada restoran di dekat sini, lebih baik kita membawa makan siang atau memilih makanan dan minuman di pasar di luar lalu menikmati aneka jajanan khas Laos.

Air Terjun Luang Si di Luang PrabangAir Terjun Luang Si di Luang Prabang Foto: Leni Ellitan/d'Traveler

Air terjun ini dibuka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 17.00 dengan biaya masuk sebesar 20.000 kip per orang. Karena padatnya bus turis di sore hari, lebih baik datang di pagi hari untuk mendapatkan ketenangan yang menyegarkan dan mengambil foto yang epik tanpa keramaian.

Berbagai macam transportasi tersedia untuk berbagai tingkat anggaran dan seberapa berani kita ingin bertualang. Tuk-tuk bersama, biasanya muat 6-7 orang, adalah pilihan terbaik jika kita mengatur perjalanan sebelumnya bersama kelompok pejalan lain dengan tujuan Kuang Si. Selain itu, minivan umum yang berangkat dari Luang Prabang ke air terjun harus menjadi cara yang paling ekonomis tetapi secara pasif bergantung pada rute tetap.

Jika kita adalah petualangan sejati, lebih baik kita menyewa sepeda serta sepeda motor atau skuter untuk bepergian secara mandiri. Waktu saya ke Kuang Si adalah musim penghujan sehingga airnya sangat deras mengalir, dan kami sempat lama menikmati makanan di restoran local ketika akan kembali ke pusat kota Luang Prabang karena derasnya hujan saat itu.

Air Terjun Kuang Si keindahaanmu memikat jiwaku.

***

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Lenni Elitan, dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Seru Banget Wisata Menjelajahi Thailand!"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT