Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Sep 2020 23:05 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kapal Pesiar Tanpa Penumpang di Lautan Jadi Objek Wisata Baru

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Tur kapal pesiar hantu di Inggris
Tur kapal pesiar hantu di Inggris (Foto: CNN)
Mudeford -

Sudah lebih dari setengah tahun pandemi virus Corona menjalar. Seluruh kapal pesiar besar pun lumpuh, harus melempar sauh dan rumor berhantu pun tumbuh.

Kini, seperti diberitakan CNN, ada tur kapal pesiar besar. Kesan kosong dan berhantu justru memikat para wisatawan. Kini, kapal pesiar besar memadati di pantai barat daya selat Inggris. Kapal-kapal ini bak terdampar tanpa penumpang dan terombang-ambing di lautan.

Kapal-kapal pesiar besar ini kini berdiam diri karena terkena dampak pandemi Corona. Tak boleh mati begitu saja, pengusaha industri wisata lokal, Paul Derham, menghidupkannya perlahan-lahan.

Paul sudah selama 27 tahun menjadi anak buah kapal (ABK) di kapal pesiar. Karirnya dimulai sebagai kadet dan kemudian berkeliling dunia sebagai wakil kapten untuk perusahaan pelayaran P&O Cruises.

Kini, ia mengoperasikan dua feri lokal di Mudeford, tepi pantai wilayah Dorset, Inggris. Paul mulai memerhatikan keberadaan beberapa kapal pesiar paling terkenal di dunia sedang melempar sauh di dekat rute ferinya.

Kemudian dia punya ide menggunakan feri untuk menawarkan tur mengelilingi kapal-kapal raksasa ini. Traveler akan dibawa sedekat mungkin dengan armada itu.

Melalui iklan di Facebook Mudeford Ferry, Paul menawarkan perjalanan kapal hantu selama 2,5 jam pelayaran dan mendekat di jarak 50 meter. Ia akan bertugas pula sebagai guide karena lama berkecimpung di bidang ini untuk menghibur pelanggannya. Lalu, begitu banyak yang tertarik dengan ide perjalanannya ini. Penduduk lokal, juga para penggemar kapal pesiar, sangat ingin melihat kapal-kapal itu di waktu sekarang.

"Saya benar-benar kewalahan dengan minat mereka. Dan sedikit bangga, kami berhasil melakukannya," kata Paul.

Tur kapal pesiar hantu di InggrisTur kapal pesiar hantu di Inggris (Foto: CNN)

Kapal pesiar yang kadang terlihat di lepas pantai Mudeford termasuk Anthem of the Seas, Jewel of the Seas, dan Allure of the Seas dari Royal Caribbean. Inilah kota terapung raksasa yang biasanya mengangkut ribuan orang.

Sedikit lebih jauh ke barat, traveler dapat menemukan kapal Carnival Valor dan Cunard termasuk Queen Mary 2. Kapal-kapal ini tak hanya ditambatkan di satu tempat dan Paul menggunakan koneksi orang dalamnya untuk membantu mengawasi beberapa kapal, termasuk kapal pesiar Aurora dan Aracadia.

Paul akan menceritakan pengalamannya menyelamatkan nelayan saat menakhodai kapal Aurora. Lalu, ia akan menjelaskan betapa besar kapal pesiar dimulai dari panjang hingga tingkat okupansinya, contoh Allure of the Seas mampu menampung 6.687 orang. Dua Kapal Feri Mudeford biasanya bisa membawa masing-masing 80 orang. Untuk memastikan jaga jarak, Paul hanya melayani 30 orang per tur. Terlepas dari kesuksesan Ghost Cruise Tours-nya, rute Mudeford Ferry masih merupakan operasi utamanya. Jadi ia harus mengatur waktu operasi feri tersebut.

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA