Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 14 Sep 2020 12:12 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

6 Fakta San Marino, yang Baru Selesai Gelar MotoGP

San Marino
San Marino Foto: (iStock)
Misano -

MotoGP San Marino sudah berlangsung tadi malam. Rider Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, menjadi pemenang MotoGP San Marino. Itu merupakan kemenangan pertama Morbidelli di MotoGP.

San Marino merupakan negara yang kecil. Berbatasan dengan Italia, negara ini luasnya lebih kecil dari Jakarta. Berikut beberapa fakta San Marino:

1. Negara Kecil

San Marino mirip seperti Vatikan, sebuah negara kecil. Sama dengan Vatikan yang berada di dalam Italia, San Marino juga diapit oleh perbukitan Italia. San Marino juga disebut republik terkecil di dunia.

Memiliki nama resmi The Most Serene Republic of San Marino, sebelum ada pandemi negara ini biasanya mengundang banyak turis. Setengah dari pendapatannya berasal dari sektor pariwisata. San Marino memiliki luas 61 km persegi, bandingkan dengan Jakarta yang mencapai lebih dari 10 kali lipatnya yakni 661,5 km persegi. San Marino masih kalah luas juga dengan Bogor yang punya luas sebesar 118,5 km persegi.

Dengan luas 61 km persegi, membuat San Marino disebut sebagai salah satu negara mungil. Walaupun bukan bagian dari Uni Eropa, San Marino menjalin kerjasama bisnis dengan Uni Eropa Khususnya Italia. Mata uang Euro dapat digunakan di San Marino.

2. San Marino Tak Punya Bandara

Tak beda dengan Vatikan, San Marino yang berbatasan dengan Italia juga tak punya bandara. Bandara terdekat adalah bandara internasional Federico Fellini yang berada di daerah pantai Rimini, Italia.

Ada sih bandara tapi tergolong kecil kecil, bandara itu hanya untuk para penghobi yang masuk dalam Aeroclub San Marino.

3. Salah satu negara terkaya di dunia

Walau negara kecil, nyatanya San Marino merupakan salah satu negara terkaya di dunia dengan pendapatan kapital per tahun yang cukup tinggi. Mungkin karena jumlah penduduknya hanya sekitar 33 ribu saja. Sebelum pandemi, jumlah turis yang datang sebanyak 3 juta setiap tahunnya, karena itulah rakyat San Marino menjadi salah satu yang terkaya di dunia.

4. Negara republik tertua

San Marino ditemukan 301 tahun sebelum masehi oleh seorang pemotong batu bernama Marino, atau Marinus menurut beberapa orang. Marino bersama sekelompok kecil orang kristiani menemukannya, saat melarikan diri dari penganiayaan agama saat itu. Negara yang memiliki moto Liberty atau kebebasan, itu merupakan negara republik tertua di dunia.

Selain sebagai negara panduan dengan sistem republik pertama, San Marino juga adalah tetangga yang baik. Hampir tidak ada negara besar yang pernah menjajah San Marino. Paling lama San Marino dijajah hanya selama sebulan saja! Bahkan saat Napoleon menguasai Eropa, hanya San Marino saja yang dibiarkan.

Sebelum Perang Dunia Kedua, San Marino merupakan salah satu negara termiskin di Eropa.

5. Tempat favorit turis

Seperti kebanyakan negara kecil lainnya, San Marino juga menggantungkan hidupnya lewat sektor pariwisata. Letak San Marino di perbukitan membuat negara ini dikelilingi oleh lanskap hijau dan menara bersejarah di Gunung Titan. Jangan lupa untuk mencicipi kue terkenal Torta Di Tre Monti, apabila berkunjung ke sana.

6. Sirkuit MotoGP

MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 11: Franco Morbidelli of Italy and Petronas Yamaha SRT  heads down a straight during the MotoGP Of San Marino - Free Practice at Misano World Circuit on September 11, 2020 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Franco Morbidelli memenangkan MotoGP San Marino 2020 di Misano World Circuit Marco Simoncelli Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

San Marino biasanya menggelar balapan MotoGP di sirkuit yang diberi nama lengkap Misano World Circuit Marco Simoncelli, juga dikenal sebagai Sirkuit Marco Simoncelli. Sebetulnya sirkuit ini berada di Italia, tetapi karena sudah ada seri di Italia lainnya, seri ini kemudian disebut GP San Marino karena lokasi sirkutnya lebih dekat San Marino.

Marco Simoncelli adalah nama seorang pebalap MotoGP yang tewas dalam kecelakaan di Sirkuit Sepang. Simoncelli meninggal dunia pada usia yang masih muda, yakni 24 tahun. Ia meninggal usai mengalami kecelakaan di lintasan Sirkuit Sepang, Malaysia, 23 Oktober 2011 silam. Simoncelli kebetulan tumbuh besar dan tinggal tak jauh dari Misano, di Coriano. Sebagai penghormatan kepada Simoncelli sirkuit itu diberi nama Marco Simoncelli.

(ddn/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA