Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Sep 2020 21:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Melissani, Danau Cantik Tempat Dewi Yunani Bunuh Diri

Bonauli
detikTravel
Danau Melissani di Yunani
Danau Melissani (Getty Images/iStockphoto)
Kefalonia -

Yunani identik dengan cerita dewa-dewi. Di sebuah danau yang cantik ada cerita patah hati seorang dewi bernama Melissanthi. Tempat yang satu ini berada di Pulau Kefalonia, Yunani. Obyek wisata ini sangat unik karena keberadaannya. Melissani adalah sebuah danau bawah tanah yang terdapat di dalam gua dan bersebelahan dengan laut.

Orang-orang menyebutnya Gua Melissani atau Danau Melissani. Ya, dua obyek wisata yang jadi satu dan begitu menarik untuk diulik.

Awalnya Gua Melissani ditemukan tahun 1951 oleh seorang arkeolog bernama Giannis Petrochilos. Begitu diteliti gua tersebut memiliki danau yang tercipta kurang lebih seribu tahun yang lalu.

Keberadaan danau bawah tanah ini diketahui ketika atap goa jatuh. Ini mengapa Danau Melissani memiliki atap bolong seperti Gua Pindul.

Danau Melissani di YunaniDanau Melissani di Yunani Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Pemberian nama diberikan sebagai tanda penghormatan kepada Dewi Melissanthi. Saat ditemukan ada dua patung tanah liat di sekitar danau, yaitu Dewa Pan dan Dewi Melissanthi. Karena keberadaan patung inilah gua ini dipercaya sebagai kuil untuk menyembah dewa-dewi Yunani kuno zaman dulu.

Ada pula cerita mitologi yang melegenda di sana. Menurut mitologi Yunani, Dewi Melissanthi bunuh diri ke dalam danau karena cintanya ditolak oleh Dewa Pan.

Sementara cerita legenda jadi narasi menarik untuk Melissani, fakta bahwa danau ini jadi yang terbersih di dunia tak bisa diabaikan. Jernihnya air danau membuat wisatawan yang berlayar di atas perahu seperti melayang saja.

Air danau ini berasal dari lautan. Namun bisa begitu bersih karena penyaringan yang dilakukan oleh batuan mineral sesaat setelah air memasuki gua.

Seperti yang sudah disebutkan, danau ini berada di bawah tanah. Namun permukaan airnya lebih tinggi dari laut yang hanya berjarak 500 meter dari danau.

Danau Melissani di YunaniDanau Melissani di Yunani Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Melissani berbentuk seperti huruf B. Sehingga memiliki 2 jenis air yaitu tawar dan asin. Wah, Danau Melissani begitu unik ya!

Kedalaman Danau Melissani pun beragam, namun diketahui titik terdalamnya sampai 30 meter. Saking jernihnya, traveler yang datang masih bisa melihat dasar danau dan akan terlihat sangat dangkal.

Untuk menjaga kebersihannya, wisatawan dilarang berenang ya. Aktivitas yang diperbolehkan hanya berlayar dengan perahu kecil dan berkeliling gua.

Danau Melissani adalah obyek wisata yang sulit dijangkau. Namun karena kepopulerannya akses ke sana sudah dipermudah oleh pemerintah Yunani. Waktu terbaik untuk menikmati danau terbersih dunia ini adalah pagi hari. Ketika matahari terbit, cahayanya akan masuk lewat atap bolong di atas danau.

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA